Cara Reset HP Realme

Cara Reset HP Realme Terbaru – Bagaimana cara membuka pola hp realme yang terkunci? Jawabanya adalah dengan melakukan reset ulang ponsel realme Anda. Setiap pengguna smartphone yang lupa pola, pin, password, email atau hal lainnya. Pasti langkah menyelesaikan masalahnya adalah dengan melakukan hard reset.

Pada dasarnya mereset hp realme sama saja seperti reset pada smartphone umumnya. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulasnya di artikel ini.

Meskipun Realme merupakan brand baru yang hadir di pasar Indonesia pada tahun 2019. Namun penggunanya sudah banyak dan ini membuktikan bahwa realme dapat bersaing dengan vendor lainnya. Saat ini realme masih sub brand dari Oppo yang bermarkas di Shenzhen, Tiongkok. Namun kabarnya realme memisahkan diri dan mulai mendirikan brand sendiri.

Waktu merilis Realme 1 dibawah nauangan Oppo, vendor ini kembali meluncurkan versi Realme 2 dan smartphone ini laku sebanyak 15 ribu unit dalam waktu 10 menit saja. Hingga saat ini realme masih memproduksi smartphone baru hingga terakhir saat kami menulis artikel ini, realme mengeluarkan realme 5 pro yang mempunyai spesifikasi yang cukup keren dengan harga terjangkau.

Untuk sistem operasi realme yang digunakan saat ini, realme masih menggunakan ColorOS yang merupakan sistem operasi pada smartphone oppo. Ada kabar bahwa realme sudah mempunyai sistem operasi sendiri yang akan segera diterapkan di brand miliknya.

Dengan sistem operasi yang sama, maka pengaturan di hp realme dan oppo nampak mirip. Jadi untuk melakukan reset hp realme, kita bisa lakukan sama seperti di smartphone oppo.

Cara Reset HP Realme Lupa Password, PIN, Pola, Email

Cara Reset HP Realme Lupa Password, PIN, Pola, Email

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mereset hp realme ke pengaturan pabrik guna untuk mengatasi lupa password, pin, pola dan yang lainya, yaitu:

  1. Bisa Melalui “Pengaturan/Settings“. (Factory Reset)
  2. Kedua melalui “Recovery“. (Hard Reset)

Jika smartphone realme Anda dalam keadaan lupa pola, pin atau password. Maka kita hanya bisa melakukan dengan masuk ke menu recovery. Hal ini karena Anda tidak mungkin bisa masuk ke pengaturan hp realme tanpa melewati pin.

Cara Hard Reset Realme bagi yang lupa Password, Pin, Pola, Kunci

Cara ini khusus buat Anda yang benar-benar tidak bisa membuka hp realme karena lupa password, pin dan sebagainya. Jadi mau tidak mau Anda harus mengorbankan data-data yang ada di memori internal smartphone Anda.

Langkah-langkah Cara Hard Reset HP Realme:

  • Matikan HP Realme Anda terlebih dahulu memakai tombol power.
  • Ketikan HP dalam kondisi mati, tekan tombol power + volume bawah secara bersamaan sampai muncul menu Recovery Mode.
  • Setelah masuk di menu Recovery, silahkan pilih bahasa English, jika ada pilih bahasa Indonesia supaya lebih mudah. (Gunakan tombol volume sebagai navigasi pindah-pindah dan tombol power untuk mengonfirmasi atau enter.)
  • Selanjutnya, silahkan pilih “Wipe Data” dengan volume untuk memindah-mindah, dan tekan tombol power untuk mengonfirmasinya.
  • Kemudian, Pilih kembali “Wipe Data”.
  • Tunggu ketika proses wipe sedang berjalan.
  • Langkah berikutnya, Anda bisa pilih “Reboot” untuk merestart.
  • Silahkan tunggu proses Reboot sampai selesai.

Dengan melakukan hard reset maka smartphone realme Anda akan kembali ke pengaturan pabrik, bisa dibilang hp realme Anda akan nampak seperti baru beli.

Note: Dengan cara ini Anda tidak bisa mengamankan data-data yang ada di memori internal smartphone Anda. Kecuali sebelum lupa password Anda sempat membackupnya terlebih dahulu.

Cara Factory Reset HP Realme bagi yang lupa Email, HP sering error

Cara ini bisa Anda lakukan ketika Anda masih bisa mengakses/membuka pengaturan atau settings pada smartphone Anda. Jika smartphone realme Anda mengalami error, lupa email atau sering hang. Maka cara ini adalah solusi terbaik, karena dengan factory reset kita masih bisa membackup data sebelum melukan pengaturan pabrik.

Langkah-langkah Cara Factory Reset HP Realme:

  • Pertama silahkan aktifkan HP Realme sobat jika dalam keadaan mati.
  • Kemudian masuk ke menu Settings / pengaturan.
  • Selanjutnya, pilih menu Backup & Reset.
  • Pilih backup jika Anda ingin membackup data-data Anda sebelum reset, supaya data Anda aman alias tidak terhapus.
  • Setelah itu, pilih menu Reset Phone.
  • Jika Anda sudah yakin untuk menghapus semua data, maka pilih menu “Erase Everything” dan klik “Yes”. Kalau Anda sudah membackup data sebelum mengklik erase everything, data Anda akan aman dan bisa di restore kembali.
  • Tunggu proses pengaturan pabrik berlangsung.
  • Setelah itu, HP realme Anda akan restart dengan sendirinya.
  • Silahkan tunggu selama beberapa menit sampai proses reset selesai.
  • Kini HP realme Anda sudah kembali ke pengaturan pabrik.

Ketika Anda ingin mengembalikan data-data yang Anda backup barusan, Anda bisa masuk ke menu settings > backup > restore. Maka data Anda seperti contact, sms, email, gambar & video, aplikasi akan kembali lagi. Namun jika Anda tidak membackupnya terlebih dahulu, jangan berharap data Anda bisa kembali.

Perbedaan Hard Reset dan Factory Reset pada Smartphone Realme

Pada dasarnya kedua cara tersebut mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik. Namun perbedaannya adalah Hard Reset dilakukan dengan cara masuk ke menu recovery mode dari luar sistem operasi, jika dalam komputer ini seperti bios. Jadi cara ini cocok ketika Anda lupa password, pin atau pola di hp realme Anda. Namun di sebagian smartphone hard reset tidak menyediakan fitur backup data, jadi kemungkinan besar data-data Anda akan terhapus.

Sedangakan Factory Reset merupakan fitur yang disediakan di dalam sebuah sistem operasi di pengaturan. Oleh karena itu, untuk melakukan facotry reset Anda bisa masuk ke pengaturan dan membackup data terlebih dahulu.

Penutup

Jadi kesimpulan dari artikel Cara Reset HP Realme Lupa Password, PIN, Pola, Email ini adalah Anda bisa memanfaatkan fitur yang disediakan seperti factory reset sebelum memilih hard reset. Namun ketika Anda mengalami masalah lupa password, pin, pola atau kunci lainya, mau tidak mau Anda harus memilih hard reset karena tidak mungkin Anda bisa masuk ke menu settings atau pengaturan kalau tidak bisa membuka password.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker