Cara Reset HP Oppo

Cara Reset HP Oppo Lupa Pola, Password, PIN Terbaru – Bagaimana membuka pola hp oppo yang lupa pola atau sandinya? Simak ulasan kami berikut ini.

Namanya manusia tidak luput dari kata lupa, kadang karena terlalu sering mengganti password, pin atau pola. Kita jadi bener-bener lupa password mana yang baru kita gunakan. Hal ini mungkin sedang Anda rasakan saat ini dengan smartphone oppo kesayangan Anda.

Pasti hari-hari Anda akan terasa menyebalkan karena harus mencoba satu-satu password yang pernah Anda masukan. Namun tetap tidak berhasil. Karena kecerobohan itu, akhirnya Anda harus melakukan reset pada hp oppo supaya Anda dapat mengoperasikan kembali ponsel oppo kesayangan Anda.

Bicara mengenai reset pada smartphone atau mengembalikan ke pengaturan pabrik bisa kita lakukan bukan hanya karena lupa password, lupa pin, hp terkunci saja. Di pedoman oppo help dijelaskan bahwa Anda dapat melakukan [Reset ke Data Pabrik] jika ponsel menjadi lambat, ponsel memiliki terlalu banyak file sampah dan cache, atau bermasalah dengan sistem atau aplikasi.

Cara Reset HP Oppo Lupa Pola, Password, PIN, Terkunci, Email

Cara Reset HP Oppo Lupa Pola, Password, PIN, Terkunci, Email

Ada dua tipe reset yang bisa kita gunakan yang masing-masing punya aturan mainnya sendiri. Ketika Anda lupa password, pin, atau pola mau tidak mau Anda harus melakukan reset dengan metode hard reset.

Jika Anda lupa email, smartphone oppo Anda banyak file sampah, sering hang, dan error lainya. Maka Anda bisa melakukan reset dengan metode factory reset. Lebih jelasnya, Anda dapat melakukan reset dengan dua cara yaitu:

  • Hard Reset Melalui Menu Recovery Mode (Khusus yang hpnya tidak terbuka karena lupa password, pin, pola, dst).
  • Factory Reset Melalui settings / pengaturan yang telah disediakan oleh sistem operasi ColorOs.

Apa sih perbedaan dari hard reset dan factory reset pada hp oppo? Simak terus ulasannya di bawah.

Cara Hard Reset Oppo yang Lupa Pola, Password, PIN, Terkunci

Seperti yang telah dijelaskan di atas, jika Anda lupa password maka tidak mungkin Anda bisa membuka pengaturan untuk melakukan factory reset. Oleh karena itu, kita harus melakukan hard reset.

Berikut langkah-langkah Cara Hard Reset HP Oppo yang Lupa Pola, Password, PIN, Terkunci:

  • Pastikan hp oppo Anda mempunyai daya baterai lebih dari 20%.
  • Matikan ponsel smartphone oppo Anda yang lupa pola, pin, password.
  • Setelah itu, tekan tombol volume bawah + power secara bersamaan hingga muncul menu recovery. (jika tidak benar, coba dengan menekan volume atas, karena beda tipe beda cara masuknya).
  • Kemudian setelah masuk ke menu recovery. Pilih Bahasa Inggris dengan menggunakan tombol volume untuk navigasi dan Power untuk mengkonfirmasi / enter / yes.
  • Kemudian, pilih Wipe Data and Cache.
  • Lalu pilih lagi Wipe Data anda Cache.
  • Pilih Yes.
  • Tunggu hingga proses reset selesai.
  • Setelah itu pilih Reboot.
  • Selesai.

Bagaimana dengan data yang ada di smartphone oppo Anda? Semuanya akan terhapus jika Anda tidak membackupnya terlebih dulu. Dibeberapa recovery mode ada yang sudah support backup data sebelum wipe data. Kalau ingin datanya aman maka silahkan cari dulu menu backup di recovery sebelum menekan wipe data.

Cara Factory Reset HP Oppo yang Lupa Email, Sering hang, lag atau error

Bagaimana jika Anda ingin melakukan reset namun Anda tidak lupa dengan password, pin, kata sandi yang digunakan. Kami sarankan Anda untuk menggunakan fitur factory reset yang ada di menu settings atau pengaturan. Cara ini berlaku jika smartphone oppo Anda sering error, lag, memori penuh, hang atau error lainya dengan catatan bisa masuk ke menu settings alias tidak lupa password.

Langkah-langkah Cara Factory Reset HP Oppo yang Lupa Email, Sering hang, lag atau error:

  1. Langkah pertama, Hidupkan smartphone oppo Anda.
  2. Kemudian Masuk ke menu pengaturan / Settings.
  3. Setelah itu Pilih Backup & Reset. (Jika Anda tidak mau kehilangan data seperti aplikasi, contact dan yang lainnya. Silahkan backup terlebih dahulu dengan memilih backup).
  4. Setelah Anda membackup data-data penting Anda silahkan pilih Reset Phone.
  5. Kemudian untuk melanjutkan silahkan pilih pilih Erase Everything. (semua data akan dihapus di memori internal)
  6. Setelah itu pilih Yes.
  7. Tunggu loading dan smartphone Oppo Anda akan restart secara otomatis.
  8. Selesai.

Tujuannya sama saja yaitu untuk mengembalikan smartphone oppo ke pengaturan pabrik. Namun jika kita menggunakan cara ini, kita bisa membackup data penting terlebih dahulu. Data tersebut nantinya bisa kita restore kembai di menu backup & restore. Jadi data seperti contact, sms, email, gambar & video, aplikasi Anda akan aman tidak akan sepenuhnya hilang.

Perbedaan Factory Reset dan Hard Reset Pada Smartphone Oppo

Perbedaan dari factory reset dan hard reset bisa dibilang terletak dibagian cara melakukan resetnya. Namun lebih spesifiknya Hard Reset dilakukan dengan cara masuk ke menu recovery mode dari luar sistem operasi, jika dalam komputer ini seperti bios. Sedangkan Factory Reset merupakan fitur yang disediakan di dalam sebuah sistem operasi di pengaturan.

Oleh sebab itu jika kita melakukan reset dengan metode hard reset, kemungkinan besar datanya akan terhapus jika dalam recovery modenya kita tidak menemukan fitur backup. Sedangkan jika menggunakan factory reset yang disediakan oleh sistem operasi di smartphone, kita juga akan menemukan fitur backup untuk mengamankan data smartphone kita.

Jika masalahnya karena lupa password, pin, kata sandi dan pola, mau tidak mau kita harus menggunakan metode hard reset. Namun jika kita masih bisa mengakses menu settings/pengaturan tapi ada masalah seperti lupa email, hp sering lag, ngehang atau error, kita bisa menggunakan metode factory reset untuk mengembalikan pengaturan pabrik hp kita. Hal ini supaya kita bisa membackup data terlebih dahulu, sehingga data tidak hilang sepenuhnya.

Penutup

Demikian ulasan kami mengenai Cara Reset HP Oppo yang Lupa Pola, Password, PIN, Terkunci, Email. Dengan mereset smartphone kita ke pengaturan pabrik, maka smartphone kita akan nampak seperti baru. Dan biasanya permasalah pada smartphone akan terselesaikan dengan melakukan cara ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker