Cara Mengatasi Headset Earphone Mati Sebelah

Suka kesel gak kalau beli headset atau earphone suka mati sebelah? Begini cara mengatasi headset earphone mati sebelah, baik sebelah kiri ataupun sebelah kanan.

Headset merupakan salah satu alat elektronik gabungan antara headphone dan mikrofon. Headset biasanya digunakan oleh para pengguna komputer, baik PC atau pun smartphone sejenis HP. Kita sering menjumpai pengguna headset lebih banyak digunakan oleh para pengguna smartphone, headset biasanya digunakan untuk mendengar lagu, video, vc, telponan, maen game, dan sebagainya.

Salah satu fungsi utama headset atau earphone ialah untuk mendengarkan output suara dari komputer supaya hanya bisa didengar oleh kita saja, atau kita tidak bisa mendengar suara di komputer/hp karena keadaan diluar sedang bising rame kendaran. Tentu headset adalah alat yang pas digunakan untuk menjernihkan suara supaya bisa lebih keras kedengaran oleh telinga kita.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Hadiah dari Google Pay Menggunakan Files Go

Headset terbagi menjadi dua jenis, yaitu headset wireless (tanpa kabel) dan headset nirkabel (menggunakan kabel). Headset yang paling banyak digunakan oleh para pengguna smartphone biasanya adalah headset nirkabel atau yang menggunakan kabel.

Salah satu masalah yang sering terjadi dengan headset jenis ini biasanya headsetnya suka mati sebelah, sebelah kiri bisa mendengar, sebelah kanan gak bisa, atau sebaliknya. Pasti sobat suka keselkan apa lagi kalau headsetnya baru.

Nah, di artikel kali ini saya akan share bagaimana cara mengatasi headset earphone mati sebelah, simak ya guys.

Cara Mengatasi Headset Earphone Mati Sebelah

Cara Mengatasi Headset Earphone Mati Sebelah

Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah melakukan pengecekan pada headset tersebut dengan menggunakan multitester. Pengecekan dilakukan pada bagian speaker dan kabel yang terhubung ke handphone. Pada umumnya headset mati dan tidak mengeluarkan suara sama sekali disebabkan karena kawat kuningan di dalam kabel tertekuk, sehingga putus. Yang sering terjadi di sekitaran colokan stereo atau monophone, atau di sekitar speaker itu sendiri.

Baca Juga : Begini 3 Cara Merekam Wajah Saat Bermain Game di Android

Pengecekan dilakukan dengan menempelkan ujung tester pada salah satu ujung kabel di speaker dan salah satu ujung kabel pada colokan stereo atau monophone, jika ada gerakan pada jarum multitester dapat dipastikan speakerlah yang rusak dan tinggal diganti dengan speaker baru. Bisa juga Anda gunakan Aplikasi Earphone Tester.

Jika jarum tidak bergerak sama sekali maka kemungkinan kabel putus, cara paling mudah adalah mengganti kabel tersebut secara keseluruhan. Namun apabila ingin melakukan penghematan langkah yang dilakukan adalah dengan cara sebagai berikut :

  • Pasang headset tersebut pada handphone, kemudian posisikan speaker ke telinga sobat. Dengarkan lewat speaker dan coba tekuk-tekuk atau gerak-gerakkan bagian kabel dari ujung headset sampai ujung colokan headset.
  • Jika sobat sempat mendengar suara saat menekuk-nekuk atau menggerak-gerakan kabel headset, kemungkinan ada kabel yang terputus. Untuk memperbaikinya, sobat harus berani memotong kabel pada bagian kabel yang terputus tersetbut, ambil 1,5 cm dari kabel yang terputus tadi untuk mengupas kulit kabel, kemudian sambungkan kuningan headset dari ujung satu ke satunya sampe terhubung.
  • Sambil menghubungkan kabel, sobat cek apakah headsetnya sudah ada suara atau belum. Jika sudah maka masalahnya dikabel yang terputus karena sering tertekuk. Selanjutnya sobat patenkan kabel yang sobat kupas tadi menggunakan solder agar tidak putus lagi. Kemudian jangan lupa untuk tutup kabelnya menggunakan isolatip.

Baca Juga : Tema ROG Phone untuk Android Vivo

Begitulah cara mengatasi headset earphone mati sebelah tanpa harus ganti dengan yang baru. Semoga bermanfaat untuk kalian, Good Day!

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close