Cara Mengambil Uang di ATM BNI dengan Mudah

5/5 (1)

Berikut adalah pembahasan cara cepat dan mudah mengambil uang di atm BNI. Sebagian orang mungkin akan merasa kesulitan saat mau mengambil uang di mesin ATM, itu yang saya alami juga saat pertama kali punya kartu ATM. Jadi, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman atau pengetahuan saya, meskipun sedikit dan sepele semoga bisa bermanfaat buat sobat.

Sebelum membahas cara mengambil uang di ATM, saya akan menjelaskan dulu pengertian ATM yang mungkin belum banyak sobat ketahui.

ATM (bahasa Indonesia: Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa Inggris: Automated Teller Machine atau Automatic Teller Machine[1][2]) adalah sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller” manusia. Banyak ATM juga melayani penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli pulsa telepon seluler.

source : wikipedia.com

Di era yang modern ini, kehadiran ATM sangat penting dan banyak manfaatnya untuk memudahkan manusia dalam bertransaksi walau dari jarak yang jauh.

Apalagi jika sobat adalah orang yang hobi belanja online. Nah, jika sobat sudah punya kartu ATM tapi masih bingung bagaimana cara mengambil uang di ATM. Simak penjelasan sederhana saya di bawah.

Cara Cepat dan Mudah Mengambil Uang di ATM BNI Lengkap dengan Gambar

  • Keluarkan Kartu ATM dalam dompet sobat, kemudian masukan ke mulut mesin ATM. Pastikan warna garis hitam kartu ATM yang di bawah berada di sebelah kanan atau lihat seperti gambar di bawah cara memasukan kartu ATM yang benar.
Cara Cepat dan Mudah Mengambil Uang di ATM BNI
  • Setelah memasukan kartu, sobat bakal disuruh untuk memilih bahasa, ada dua bahasa yang bisa sobat gunakan, yaitu : bahasa nasional dan internasional alias bahasa inggris. Pilih bahasa indonesia / nasional saja jika sobat masih bingung atau baru pertama menggunakan atm, hal ini akan memudahkan sobat untuk mengambil uang di atm bni.
  • Jika sobat sudah memilih bahasa, selanjutnya sobat bakal diperkenankan untuk memasukan password / kata sandi / PIN sobat. Masukan PIN ATM sobat dengan hati-hati di keyboard angka yang telah disediakan di bawah monitor.
Cara Mengambil Uang di ATM BNI
  • Jika sudah memasukan PIN ATM dengan benar, sobat bakal dihadapkan dengan tampilan jumlah penarikan uang yang akan sobat ambil. Pada menu ini sobat bakal dikasih pilihan berapa jumlah uang yang mau sobat ambil mulai dari Rp. 1.200.000 sampai Rp. 250.000. Jika sobat mau ngambil / narik uang kurang dari Rp. 250.000, sobat bisa pilih menu “Penarikan jumlah lain” seperti gambar di bawah.
Cara Mudah Mengambil Uang di ATM BNI lengkap dengan gambar
  • Sobat bakal disuguhkan dengan nomor 000.000.000, untuk memasukan berapa jumlah uang yang mau sobat ambil sesuai keinginan. Ketikan saja nominal uang yang mau sobat tarik menggunakan papan / keyboard yang sudah disediakan di bawah monitor tadi. Tapi ingat, jumlah nominal uang yang bisa sobat tarik minimal 50k atau 100k tergantung mesin ATM yang sobat gunakan. Lihat di atas mesin suka ada keterangan, ada yang 50k ada yang 100k.

Saya menggunakan ATM 100k. Jadi, minimal uang yang bisa saya ambil waktu itu adalah Rp. 100.000; tidak bisa mengambil kurang dari itu, kecuali saya menggunakan ATM 50k, mungkin saya bisa mengambil uang Rp. 50.000; waktu itu.

  • Kemudian pilih atau klik tombol yang mengarah “Tekan Jika Benar” untuk melanjutkan proses penarikan uang.
  • Pilih rekening yang mau sobat gunakan untuk penarikan, mau dari rekening giro atau rekening tabungan. Jika sobat mau ambil dari rekening giro sobat klik tombol yang mengarah dengan pilihan tersebut. Namun, kalau sobat mau ngambilnya dari rekening tabungan , sobat pilih dan klik tombol yang mengarah dengan rekening tabungan.
  • Tunggu beberapa saat, sekarang mesin ATM sedang memproses permintaan sobat untuk memuntahkan uang dari perutnya. Proses ini tidak lama juga tidak sebentar, tunggu saja sampai uangnya muncul seperti gambar di bawah.
  • Kalau sudah begitu langsung ambil saja uangnya. Kemudian sobat bakal disuruh untuk mengganti password atau PIN ATM sobat, kalau sobat mau ganti PIN ATM dengan yang baru, silahkan pilih YA. Namun, kalau sobat tidak akan mengganti PIN ATM sobat dengan pin baru, cukup pilih dan klik TIDAK.
  • Untuk mengeluarkan kartu ATM, sobat klik tombol CANCEL yang berada di paling pojok kanan atas papan ketik ATM. Maka setelah sobat mengklik cancel, ATM sobat bakal otomatis keluar dari tempatnya dan siap masuk lagi ke dompet sobat.
  • Beres deh.

Gimana? Mudah bukan cara narik uang di ATM BNI? sekarang saya yakin sobat tidak akan bingung lagi menarik uang di atm. Jadi, gak usah malu-malu lagi karena dulu pernah katro atau malu2in di bank kayak saya dulu.

Dan asal sobat tau, pintu bank yang ada tulisan “DORONG” ternyata bisa sobat TARIK juga loh, hehe

Demikian pembahasan saya tentang Cara Cepat dan Mudah Mengambil Uang di ATM BNI ini, semoga bermanfaat buat kalian. Khususnya buat sobat katro yang dulu pernah malu-maluin diri sendiri karena gak tau gimana cara mengoperasikannya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker