HP Lemot Padahal Aplikasi Sedikit

Berikut solusi bagaimana cara atasi HP Lemot padahal aplikasi sedikit. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan smartphone kita sering mengalami lemot atau susah gerak, mungkin artikel ini bisa menambah wawasan Anda untuk mengatasi masalah tersebut.

Pasti pengguna smartphone akan merasa kesal jika smartphone yang ia miliki sering ngadat, tiba-tiba error, lelet/lemot saat digunakan. Muncul inisiatif untuk mengunistall semua aplikasi yang tidak terpakai, namun tetap saja smartphone yang digunakan masih lemot padahal aplikasinya tinggal sedikit. Apa masalahnya?

Nah, tentu masalah pada hp Anda tidak datang begitu saja. Pasti ada penyebab yang mendasari atau membuat hp Anda menjadi lemot. beberapa penyebab yang sering menyebabkan hp kita menjadi lemot yakni karena kesalahan pemakaian hp tersebut, terlalu lama digunakan, atau ada yang rusak pada bagian dalam.

Untuk lebih jelasnya, ini dia beberapa hal yang menyebabkan smartphone kita tiba-tiba menjadi lemot padahal aplikasi yang terinstall hanya sedikit.

Penyebab HP Lemot Padahal Aplikasi Sedikit

PENYEBAB HP LEMOT PADAHAL APLIKASI SEDIKIT

Apa masalah yang dapat menyebabkan hp lemot padahal aplikasi sedikit?

1. Memori Internal Kehabisan Ruang Penyimpanan

Jika memori internal pada hp smartphone Anda sudah berwarna merah 100%, itu pertanda kalau ruang penyimpanan internal Anda sudah habis. Hal inilah yang sering menyebabkan smartphone kita menjadi lemot. Coba kita berfikir logis, jika memori internal pada hp sudah penuh, maka file baru yang akan terbuat otomatis oleh android akan masuk ke mana, alhasil sistem akan kebingungan untuk mengolah perintah kemana file harus disimpan, hal inilah yang menyebabkan kinerja hp kita menjadi lemot.

Hal seperti ini tidak hanya berlaku di hp, kita tahu bahwa computer pada umumnya akan menjadi lemot ketika ruang penyimpanan internal (Local Disk C pada Windows) mulai penuh, hal ini yang menyebabkan penurunan kinerja CPU dalam menjalankan perintah.


Selain melambatkan kinerja smartphone, ada beberapa hal yang akan Anda alami jika memori internal penuh, seperti :

  • Aplikasi seringkali tertutup sendiri pada saat dijalankan
  • Sistem gagal melakukan pembaruan perangkat lunak sistem
  • Suhu hp cepat panas padahal tidak menjalankan aktifitas yang terlalu berat
  • Tidak bisa menyimpan foto saat memotret dengan camera
  • Kamera tidak bisa terbuka, dll

2. RAM Smartphone kecil, tapi membuka Aplikasi size besar

RAM juga sangat berpengaruh kepada kinerja smartphone sama seperti komputer dan laptop. Jika kapasitas RAM smartphone kita kecil, lebih baik kita sadar diri dengan tidak menginstall aplikasi atau game yang terlalu berat. Hal ini akan mengakibatkan smartphone kita mengalami overhea atau kepanasan.

Berikut ini adalah fungsi dari RAM :

  • Membantu penggunaan Multitasking
  • Membantu menyimpan memory sementara
  • Menentukan spesifikasi
  • Memiliki fungsi vital dalam gaming dan design

Contoh kecil fungsi RAM adalah saat suatu program aplikasi berjalan, maka aplikasi ini akan disimpan dulu dalam RAM. Jadi, jika aplikasi yang kita jalankan ini ukurannya lebih besar daripada RAMnya, maka otomatis RAM akan sangat kewalahan dalam menyimpan aplikasi tersebut. Hal inilah yang menyebabkan turunnya kinerja RAM dan CPU pada hp kita.

3. ROM yang digunakan Tidak Stabil

Jika Anda adalah seorang opreker android yang suka gunta-ganti rom/firmware pada hpnya, mungkin penyebab smartphone lemot ini karena Anda memasang custom rom yang tidak stabil atau tidak cocok dan kompatible dengan smartphone Anda.

Tentu saja hal ini akan membuat smartphone menjadi lemot, karena keterbatasan sumberdaya, performa smartphone yang menjalankan Custom ROM tentu tidak sebagus smartphone dengan firmware bawaan pabrik.


Sebagaimana kita tahu bahwa Custom ROM kebanyakan dikembangkan secara personal atau bisa juga sebuah tim yang hoby build sistem, bukan dari pabrik bawaan smartphone.

Jika Anda menggunakan Custom Rom, mungkin hal inilah yang menyebabkan hp lemot padahal aplikasi sedikit.

4. Pernah Menginstall Aplikasi Malware

Seperti yang kita tahu, bahwa akhir-akhir ini banyak sekali orang yang ingin mengambil keuntungan dengan cara yang tidak benar. Seperti menciptakan sebuah malware untuk bisa mendapatkan uang.

Ciri-ciri hp yang terserang malware :

  • Munculnya iklan pop up pada smartphone kita. Mungkin hal ini lazim bagi pengguna Xiaomi, namun apabila Anda bukan user xiaomi namun sering melihat iklan pop up sering muncul dan menggangu Anda, segera lakukan flashing, karena mungkin akan sangat berbahaya.
  • Ciri-ciri lain HP terkena malware ialah hp sering hang sendiri dan aplikasi keamanan bawaan tidak dapat digunakan yang disertai dengan suhu hp yang meningkat tanpa adanya aktifitas.

Selain masalah di atas, tentu jika HP Anda terserang malware maka akan mengakibatkan HP lemot padahal aplikasi sedikit.

Lalu, bagaimana cara mengatasi itu semua?

Cara Mengatasi HP Lemot

Semua masalah tentu ada saja cara untuk mengatasi, di bawah ini adalah beberapa cara untuk mengatasi HP Lemot Padahal Aplikasi Sedikit.

Cara Mengatasi hp lemot padahal aplikasi sedikit

Sisakan Ruang Memori Internal Minimal 20%

Pindahkan file-file besar seperti music, video atau bahkan gambar-gambar ke memori eksternal / MMC supaya tidak teralalu memakan ruang pada memori internal. Semakin kosong memori internal, maka semakin bagus untuk kinerja hp Anda.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa jika memori internal sudah tidak ada space kosong, maka akan mengakibatkan hp menjadi lemot.

Seringlah membersihkan chache dan file sampah

Hal ini sangat berguna untuk meminimalisir masalah pada smartphone kita, selain membersihkan file tidak berguna alias sampah, hal ini juga bertujuan supaya ruang memori hp lebar kembali dan ada space kosong.

Gunakan aplikasi cleaner bawaan supaya lebih mengirit memori Anda. jangan install aplikasi cleaner yang terlalu memberatkan hp Anda, seperti clean master. Jika anda menggunakan share it, maka bisa manfaatkan share it cleaner untuk membersihkan file sampah pada smartphone.

Lakukan Wipe Data atau Flashing

Jika masalahnya pada hp Anda sudah terlalu parah, maka langkah terakhirnya adalah melakukan wipe data. Dengan melakukan reset data ke pengaturan pabrik, maka smartphone Anda akan seperti baru. Namun tidak untuk hp yang sudah terkena malware iklan pop up, harus melakukan flashing supaya malware tersebut bisa hilang dari smartphone. Ingat! back-up data penting sebelum melakukan wipe data atau flashing.

Kalau anda lemot setelah menggunakan custom rom, maka solusinya adalah dengan mengembalikan rom Anda ke rom pabrikan, supaya lebih compatible.

Kesimpulan

Itulah penyebab dan cara mengatasi HP Lemot Padahal Aplikasi Sedikit, semoga bisa membantu Anda. Jika hp anda sangat membutuhkan hp setiap harinya untuk berbisni, maka jagalah hp anda dari kerusakan. Terlebih jika hp tersebut merasa sangat penting. Jangan pernah install aplikasi yang tidak perlu diinstall apalagi plikasi yang di download bukan dari playstore atau sumber yang tidak dipercaya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker