Cara Mengatasi HP di Cas Malah Berkurang

Cara Mengatasi HP di Cas Malah Berkurang – Pernahkah Anda mengecas hp tapi baterai malah berkurang atau malah tidak mau penuh? Tentu hal tersebut akan membuat kita bingung, bukannya bertambah malah berkurang.Kita pun ingin mengetahui apa penyebab hp di cas malah berkurang. Mungkin juga kita menjadi khawatir harus segera mengganti smartphone kita dengan yang baru.

Pilihan yang bingung ketika kita harus beraktivitas namun membutuhkan smartphone. Al hasil kita menggunakan power bank untuk mengisi daya baterai smartphone. Mau gimana lagi, masa kita harus menunggu mencharge HP kita sambil bengong, sementara banyak aktivitas yang harus kita selesaikan di luar rumah atau kita meninggalkan smartphone di rumah, sementara kita membutuhkan smartphone tersebut untuk membantu aktivitas kita.

Ada hal lain yang membuat kita semakin bingung, Hp yang kita charge ternyata tidak mau penuh padahal icon di baterai tersebut ada gambar petir yang menandakan bahwa smartphone tersebut sedang mengisi, tapi persentase baterai tidak mau penuh, malah semakin berkurang dari sebelumnya. Lalu hal apa yang membuat smartphone kita menjadi seperti itu?

Penyebab HP Di Cas Tidak Mau Penuh

Cara Mengatasi HP di Cas Malah Berkurang

Sebagai pengguna HP kita tahu bahwa tanda baterai pada smartphone yang sudah penuh adalah dengan memeriksa indikator baterai sampai 100%. Penyebab baterai berkurang saat di charge bisa diakibatan oleh beberap alasan, misalnya port USB di hp retak, charger yang tidak sesuai, sumber listrik yang bukan tempatnya hingga indikator baterai android error.

Cara Mengatasi Baterai HP di Cas Malah Berkurang

Untuk memperbaiki baterai yang tidak terisi saat dicas, Anda bisa menerapkan beberapa solusi yang biasa saya lakukan seperti dibawah ini.

1. Pastikan Anda Menghubungkan USB Port Dengan Benar

Hati-hati ketika menghubungkan usb port ke smartphone, jangan sampai patah atau potong. Ketika kita tidak berhati-hati memasukan usb port ke hp kita besar kemungkinan bengkok. Maka cek lagi sampai benar-benar sempurna.

2. Kemungkinan Charger Tidak Sesuai Ketentuan

Banyak pengguna smartphone yang suka ngeyel, tidak patuh terhadap ketentuan yang sudah dituliskan dalam buku smartphone yang kita beli. Misal menggunakan charge yang tidak sesuai dengan merk aslinya. Contohnya Anda mempunyai smartphone Vivo lalu di charge menggunakan smartphone Xiaomi tentu ini akan membuat baterai hp Anda cepat rusak. Karena daya yang diberikan oleh charge lain mungkin berbeda dengan seharusnya diterima oleh baterai smartphone kita.

3. Periksa Kebel USB Charger

Besar kemungkinan ketika hp tidak mau penuh saat diisi atau malah berkurang adalah Kabel USB yang jelek, sudah rusak, banyak kabel dalam yang terputus. Hal ini sering saya alami, makanya saya sering mengganti kabel USB yang sudah rusak dengan yang baru.

4. Ganti Baterai HP Smartphone Anda

Salah satu penyebab baterai tidak terisi saat dicas atau malah berkurang mungkin karena rusaknya pada baterai itu sendiri. Coba Anda lihat apakah baterai tersebut menggembung atau mengempis? Jika smartphone yang Anda miliki bukan smartphone yang baterainya di tanam maka Anda bisa menggantinya.

5. Charging Dari Sumber yang tidak benar

Nah ini salah satu kebiasaan yang sering dilakukan meskipun sedang tidak dalam mode darurat adalah ngecas dari laptop. Jangan heran kenapa baterai android tidak bisa full karena sumbernya sendiri asal saja. Laptop memberikan daya yang kurang, maka smartphone akan lama penuh.

6. Custom ROM Tidak Cocok

Bagi yang suka mengkostumisasi smartphone Android dengan custom ROM, kejadian ini sudah biasa. Indikator pada baterai terkadang jadi error dengan menampilkan daya 100% padahal hanya bertahan 15 menit saja. Untuk itu, kembalikan lagi ke ROM asli atau bawaannya.

7. Update atau Downgrade Android OS

Pembaruan sistem yang diberikan biasanya akan memperbaiki bugs namun tidak menutup kemungkinan juga malah akan menimbulkan bugs baru yang menimpa baterai smartphone. Jika baterai hp dicas tidak bisa penuh setelah di update, lakukan downgrade dan sebaliknya.

8. Lihat Kecepatan Charger Sebelum Diganti

Aplikasi Ampere dapat memperlihatkan kepada kita performa charger saat mengisi daya. Download aplikasinya di Play store kemudian cas smartphona Anda. Nantinya aplikasi ini akan menampilkan statistik dari charger tersebut.

9. Matikan dan Reboot

Salah satu solusi mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh adlah dengan memuatnya ulang saat reboot. Matikan smartphone Anda kemudian cabut baterai, kartu SIM dan MicroSD. Diamkan selama beberap detik kemudian pasang dan hidupkan kembali.

10. Lakukan Factory Reset.

Banyak pengguna yang lebih sering menuduh masalah ini diakibatkan oleh baterai yang sudah drop atau charger yang sudah rusak. Padahal Anda pun harus melihat masalah ini dari sisi lain, bisa saja indikator baterai error dan membohongi Anda. Salah satu cara untu memperbaiki error adalah dengan melakukan factory reset.

Kesimpulan

Itulah 10 Cara Mengatasi HP di Cas Malah Berkurang, dari 10 hal di atas semoga ada salah satu yang Anda rasa bermanfaat untuk memperbaiki smartphone Anda. Terima kasih!

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close