Google Chrome Tidak Bisa dibuka

5/5 (6)

Selalu ada cara untuk menyelesaikan masalah, termasuk cara mengatasi kenapa Google Chrome Tidak Bisa dibuka di PC ataupun di HP Android. Browser milik perusahaan google ini memang sangat banyak digunakan oleh para pengguna smartphone dan pc. Google Chrome menjadi salah satu browser terbaik karena memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan browser lain, terutama dalam masalah kestabilan serta sinkronisasi.

Seperti yang kita tahu bahwa raksasa internet google memiliki aplikasi-aplikasi atau fitur sendiri seperti gmail, gdrive, duo, files, youtube. Semua aplikasi tersebut berada di bawah naungan google, sama seperti google chrome yang sering digunakan untuk menjelajah internet. Salah satu kelebihan yang paling disukai oleh para pengguna browser ini adalah fitur mode cepat. Kita bisa browsing dengan lebih cepat walaupun jaringan sedang tidak bagus.

Namun, ada kelemahan dari browser ini yang sering muncul ketika digunakan oleh para penggunanya, misalnya seperti: Tidak Bisa dibuka, tidak berfungsi, tidak bisa diinstall, muncul tulisan not working, chrome not responding, tidak bisa browsing dan sebagainya.

Masalah tersebut tentu akan sangat menjengkelkan ketika Anda sedang kepepet browsing untuk mencari informasi atau tugas. Tapi browser kesayangan kitanya ini malah rusak tidak bisa digunakan. Makanya, atasi saja masalah tersebut dengan cara di bawah.

Cara Memperbaiki Google Chrome yang Tidak Bisa Dibuka

Ada beberapa cara untuk mengatasi browser google chrome yang tidak berfungsi, diantara lain:

Cara mengatasi Google Chrome yang Tidak berfungsi di PC

Google Chrome Tidak Bisa dibuka

Jika masalah google chrome tidak bisa dibuka di PC, maka ikuti langkah berikut.

1. Install Ulang Google Chrome ke Versi Terbaru

Hal yang sering terjadi kenapa google chrome tidak bisa dibuka adalah karena kita menggunakan google chrome versi lama. Maka dari itu, kita harus mengunistall browser ini dulu dan kemudian kita update ke versi terbaru dari google chrome yang disediakan oleh google. Untuk mengunduhnya anda bisa mengunjungi link : https://www.google.com/chrome/

Biasanya, setelah menggunakan versi baru kita akan merasa lebih nyaman dan ringan. Setelah Anda menginstall Aplikasi google chrome kembali di pc atau laptop Anda. Silahkan coba langsung buka lagi untuk memastikan apakah google chromenya sudah bisa dibuka atau belum. Jika masih tidak bisa dibuka maka kemungkinan masalahnya bukan di versi.

2. Gunakan Google Chrome versi lama untuk PC Low-end

Jika pc Anda memiliki ram dan processor yang tidak memadai untuk menginstall aplikasi google chrome, maka coba install aplikasi google chrome versi lama yang sizenya tidak terlalu besar.

Google Chrome versi lama, tidak memerlukan spesifikasi komputer yang terlalu tinggi. Sebab, untuk google chrome versi lama masih sederhana dan tidak sekompleks dengan versi yang terbaru. Untuk bisa mendapatkan versi lama dari Google Chrome, Anda bisa cari di Google dengan kata kunci “Google Chrome versi ….”. Nantinya akan muncul situs-situs yang menyediakan aplikasi Google Chrome versi lama.

Biasanya, masalah aplikasi hang tidak bisa digerakin atau tidak bisa dibuka itu kepada pemakaian ram. Jika ram kecil dan aplikasi yang kita buka berat, maka tidak akan terbuka karena loading terus di latar belakang.

3. Periksa Menggunakan Anti Virus

Tidak ada salahnya Anda mencoba scan aplikasi google chrome menggunakan anti virus, bisa jadi aplikasi ini tidak bisa dibuka itu akibat terinfeksi virus dan sebagian filenya menjadi corupt. Maka dari itu, diatas kami menyarankan Anda untuk install ulang google chrome Anda supaya filenya kembali baru. Tenang saja, history browsing Anda tidak akan hilang kok selama di install ulang.

4. Tutup Paksa Aplikasi Google Chrome dari Task Manager

Jika browser google chrome sudah terbuka namun tidak mau jalan alias hang, Anda bisa menutupnya secara paksa dengan menggunakan aplikasi Task Manager. Hal ini sudah banyak digunakan oleh para pengguna komputer apabila aplikasi yang ia gunakan tidak berjalan atau hank.

Kembali kepada penggunaan RAM, masalah ini terjadi akibat ram yang digunakan di komputer kita kecil dan kita membuka aplikasi berat, sehingga proses ram menjadi terganggu dan mengakibatkan hang.

Cara masuk ke task manager cukup mudah, Anda perlu sorot kursor ke taskbar lalu klik kanan. Setelah itu, Anda akan menemukan berbagai menu, plihlah “Start Task Manager”. Nantinya akan muncul pop up Windows Task Manager atau bisa juga dengan menekan bersaman ctrl+alt+del di keyboard Anda. Carilah nama “chrome.exe” di dalam tab “Processor”. Setelah menemukan “chrome.exe”, klik kanan dan plilih “End Process Tree”. Dengan begitu, semua aplikasi yang berhubungan dengan Google Chrome akan terhenti. Setelah itu, cobalah buka lagi google chromenya.

5. Copot Add-Ons yang tidak penting

Semakin banyak add-ons maka akan semakin berat juga nanti google chrome saat dibuka. Hal ini dikarenakan saat aplikasi di buka, add-ons yang aktif di browser otomatis akan hidup dan akan cukup memberatkan kinerja ram. Jadi solusinya coba saja copot add-ons yang tidak penting supaya google chrome lebih ringan saat dibuka dan mungkin bisa dibuka dengan baik.

Itulah beberapa cara mengatasi masalah aplikasi browser tidak dapat di buka di PC.

Cara Mengatasi Google Chrome Yang Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Cara Memperbaiki Kenapa Google Chrome yang Tidak Bisa Dibuka

Tidak diragukan, banyak sekali pengguna smartphone android yang menggunakan browser google chrome milik google ini. Bahkan, browser ini sudah menjadi browser bawaan android, dan sudah disiapkan oleh sistem android. Tidak sedikit mereka juga mengalami masalah google chrome tidak bisa berfungsi sama seperti yang kami jelaskan pada komputer di atas. Cara mengatasinya tentu sedikit berbeda dengan cara di pc, silahkan simak di bawah ini.

1. Hapus Chache dan Data dari Google Chrome

Jika Anda tidak pernah menghapus chache atau history pada google chrome, maka kemungkinan data tersebut akan menumpuk dan memberatkan ketika di buka di smartphone kita.

Cara menghapus history dan chache di browser yang tidak berfungsi bisa kita lakukan melalui pengaturan aplikasi, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan > Aplikasi > Google Chrome > Hapus Data.

Kalau sudah langsung coba buka kembali browser google chrome untuk memastikan apakah sekarang bisa dibuka atau tidak.

2. Paksa Berhenti Google Chrome

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan memaksa berhenti aplikasi google chrome yang berjalan di layar belakang namun blank saat dibuka.

Berikut ini adalah langkah memaksa berhenti aplikasi google chrome:

  • Buka menu Pengaturan > Aplikasi > Google Chrome > Paksa berhenti.

Setelah browser dalam keadaan tidak berjalan, diamkan beberapa menit kemudian buka kembali browser google chrome di hp android Anda.

4. Reinstall Aplikasi Google Chrome

Jika cara diatas masih tetap tidak bisa. Coba install ulang google chrome di hp android Anda. Kemungkinan ada file dari aplikasi tersebut yang corupt sehingga mengakibatkan aplikasi google chrome tidak bisa dibuka.

Hal ini pernah dialami sendiri oleh saya, ketika itu tidak bisa membuka browser google chrome, kemudian saya mencoba untuk unistall aplikasi google chrome lalu menginstallnya lagi, dan akhirnya berhasil.

5. Update Google Chrome ke Versi Terbaru

Kalau Anda sering males update aplikasi penting, maka bisa jadi ini adalah penyebab kenapa google chrome tidak berfungsi di hp android Anda. Bisa dibedakan, ketika google chrome sudah melakukan update namun kita tidak mengupdatenya maka google chrome itu menjadi sedikit lelet, atau bahkan bisa sampe tidak bisa dibuka.

Oleh karena itu coba update browser google chrome di HP Android Anda ke versi terbaru, karena versi terbaru akan lebih stabil dibandingkan dengan versi lama di hp android.

6. Tidak cukup RAM dan Penyimpanan

Aplikasi google chrome memang memiliki file yang cukup besar, ditambah jika kita terlalu sering menonton video di browser ini. Data history akan tersimpan dan memberatkan kinerja dari penyimpanan, apalagi jika ruang penyimpanan memori telpon Anda sudah penuh.

Bagi Anda pengguna smartphone Android yang memiliki RAM dibawah 1 GB, saya sarankan untuk menggunakan browser ringan seperti: ucbrowser lite, via, firefox lite atau menggunakan browser bawaan. Namun, menurut saya browser-browser tersebut tidak akan senyaman saat menggunakan google chrome, tapi tidak ada salahnya untuk coba menggunakan browser ringan di hp Anda.

7. Restart HP Android

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan merestart smartphone android. Cara ini cukup simple untuk mengatasi masalah-masalah error ringan seperti google chrome tidak berfungsi saat mau dijalankan.

Jadi, jika cara di atas tidak ada yang berhasil maka langsung saja restart hp android Anda kemudian buka kembali google chrome seperti biasa Anda akan browsing.

Kesimpulan

Itulah beberapa masalah dan cara mengatasi Google Chrome Tidak Bisa dibuka di pc dan smartphone android Anda. Jadi kesimpulannya, segala masalah pasti ada solusinya termasuk solusi mengatasi browser google yang error tersebut. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terimakasih!

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close