Cara Cek Mutasi BRI

Cara Cek Mutasi BRI lewat Mesin ATM, HP, SMS, BRI Mobile online, Internet Banking. Cek history transaksi untuk bukti transfer memang sangat dibutuhkan. Terlebih jika Anda sudah melakukan transfer melalui online yang tidak diberikan struk transfer bri. Bisa membeli barang dari market place kesayangan, atau bisa juga transfer ke saudara di kampung halaman. Untuk memastikan mereka percaya bahwa kita sudah melakukan transfer, tentu kita harus mengirim bukti transfernya. Nah untuk bukti transfernya bisa kita lihatkan mutasi transaksi terakhir di rekening bri ketika yang keluar.

Sesuai dengan pengertian, apa itu mutasi rekening? Mutasi rekening adalah semua catatan / riwayat transaksi yang terjadi dalam sebuah rekening bank, baik itu yang berupa aliran dana masuk maupun dana keluar.

Jika Anda mengalami masalah saat bertransaksi online, misalkan si penjual mengatakan belum transfer padahal Anda sudah mentransfernya. Maka Anda bisa mengambil screenshot atau memfotokan bukti transaksi di mutasi BRI Anda.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek transaksi terakhir di atm BRI. Bisa dengan hanya menggunakan HP / Ponsel, Laptop, Mesin ATM atau ke teller langsung. Pada artikel ini kami akan mencoba memberikan gambaran bagaimana cara cek mutasi dengan mudah dengan beberapa cara di atas.

Cara Cek Mutasi BRI Lewat HP dan Mesin ATM

Cara Cek Mutasi BRI Lewat HP dan Mesin ATM

Lebih jelasnya Anda bisa mengecek mutasi rekening BRI dengan tiga metode yaitu lewat Gadget, lewat mesin ATM, lewat Teller Bank. Jika Anda akan cek history transaksi atau mutasi lewat Gadget (Hp atau Laptop) ada beberapa fitur yang bisa Anda gunakan, seperti melalui bri mobile banking, sms banking, bri internet banking. Semua cara ini akan kami bahas lengkap di bawah.

Cek Mutasi BRI Lewat SMS Banking

Siapa sih yang gak tahu SMS, mungkin dulu sebelum pengguna hp menggunakan android dan berpindah ke chatting online. SMS menjadi salah satu kebutuhan untuk alat komunikasi. Mungkin sekarang juga masih ada beberapa pengguna hp yang masih menggunakan SMS sebagai alat komunikasi tulisan.

Selain digunakan untuk alat komunikasi tulisan, SMS juga dimanfaatkan oleh pihak bank untuk memberi informasi pada rekening kita. Misalkan memberi tahu kita sudah melakukan penarikan, memberi tahu kita sudah mentransfer dan lain sebagainya. Fitur ini dinamakan SMS Banking.

Berikut langkah-langkah cara cek mutasi BRI Lewat SMS Banking:

  • Pastikan Anda memiliki pulsa min 2000
  • Buka SMS
  • Ketik info[spasi]mutasi[spasi]PIN, contoh: info mutasi 012345
  • Lalu Kirim ke nomor 3300

Untuk menggunakan cara ini Anda harus sudah menggunakan terdaftar ke SMS Banking BRI, jika Anda belum terdaftar maka kemungkinan Anda tidak akan bisa menggunakan cara ini. Namun biasanya sebagian pengguna BRI sudah otomatis terdaftar sms banking pada saat membuat atm.

Contoh cek history transaksi lewat sms banking seperti gambar di bawah.

Dengan SMS Banking kita hanya bisa melihat 5 transaksi terakhir, untuk melihat lebih banyak Anda bisa mencoba dengan cara ini.

Cara Cek Mutasi BRI Lewat Internet Banking (Online)

Jika dengan sms banking kita hanya bisa melihat 5 riwayat transaksi terakhir BRI. Lewat internet banking BRI, kita bisa melihat lebih banyak walaupun berbulan-bulan alias lengkap.

Cara ini bisa Anda lakukan di laptop atau di smartphone kalian. Selain untuk mengecek mutasi rekening, kita bisa juga melakukan transfer mengecek saldo dan sebagainya dengan internet banking. Walaupun di sms banking pun demikian, namun jika kita menggunakan internet banking, tampilannya menjadi lebih jelas dan kita bisa menggunakan fitur lain dengan mudah.

Untuk melakukan langkah ini tentu Anda harus mempunyai akun internet banking bri dulu. Cara daftarnya Anda bisa langsung bicara ke teller atau lewat mesin ATM BRI.

Berikut langkah-langkah cek mutasi lewat internet banking bri:

  • Kunjungi website internet banking resmi BRI melalui PC atau smartphone Anda. Link resmi: https://ib.bri.co.id/ib-bri/Login.html jika bukan link tersebut, maka itu adalah phising dan berbahaya, sebaiknya jangan mengisi apapun.
  • Login dengan memasukan User Name, Password dan kode Validation berupa 4 kombinasi angka verifikasi bot. Lalu klik Masuk. (Jika Anda tidak punya akun Anda harus mendaftar dulu lewat mesin atm atau ke teller bank.)
  • Jika Anda memasukan username, password dan kode konfirmasi dengan benar Anda akan dialihkan ke halaman awal.
  • Klik menu Rekening (Informasi & Mutasi) yang ada di pojok kiri atas bagi Anda yang membuka di komputer. Atau jika Anda menggunakan ponsel, klik pada tanda garis berjajar tiga yang ada di sisi kiri atas untuk menampilkan beberapa pilihan menu.
  • Lalu pilih menu Mutasi Rekening
  • Pilih rekening yang akan di cek data mutasinya.
  • Pilih Periode Transaksi antara tanggal, bulan dan tahun atau Periode Bulan jika Anda ingin mengecek transaksi per bulan.
  • Kemudian klik Tampilkan

Setelah itu Anda akan melihat beberapa riwayat transaksi terakhir Anda secara lengkap sesuai dengan periode transaksi yang Anda pilih hingga 6 bulan terakhir dengan rincian data transaksi maksimal 1 bulan.

Cek Mutasi BRI Lewat Mobile Banking

Selain dengan internet banking, bagi para pengguna ponsel pintar alias smartphone, Anda juga bisa menggunakan mobile banking untuk mengecek transaksi terakhir yang Anda lakukan.

Syaratnya hampir sama, Anda harus memiliki akun terdaftar dulu untuk menggunakan mobile banking. Jika tidak terdaftar Anda tidak akan bisa login dengan akun apapun. Akun yang terdaftar tersebut merupakan dari rekening Anda bukan rekening orang lain, teman, saudara atau mertua.

Untuk aplikasinya sendiri Anda bisa unduh secara gratis di play store dan app store, jangan gunakan aplikasi mod, atau download sembarangan di internet. Takutnya aplikasi m-bankingnya tidak resmi, justru malah aplikasi buatan orang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data kita. Jadi kami sarankan unduh m-banking resmi dari PT BRI.

Berikut langkah-langkah cara cek mutasi bri lewat m-banking:

  • Buka aplikasi BRI Mobile
  • Pilih menu Mobile Banking BRI
  • Lalu pilih INFO
  • Pilih INFO MUTASI
  • Masukkan PIN Rekening BRI
  • Klik OK untuk mengirim informasi mutasi via sms dari 3300

Walaupun dengan mobile banking, namun dibelakang layar cara kerjanya tetap menggunakan sms banking. Jadi Anda harus menyiapkan pulsa min 2000 untuk sekali pengecekan jika menggunakan cara ini.

Cara Cek Mutasi BRI lewat Mesin ATM

Cara ini tidak bisa Anda lakukan dengan gadget. Mau tidak mau Anda harus pergi ke tempat yang menyediakan mesin ATM. Cara ini diperuntukan bagi para nasabah yang tidak mendaftar di internet banking, mobile banking dan sms banking.

Untuk caranya sendiri cukup mudah seperti Anda mengambil uang di mesin ATM BRI. Namun kita memilih menu informasi transaksi / mutasi, kemudian mesin akan mencetak struk mutasi kita.

Langkah-langkah Cek Mutasi BRI lewat Mesin ATM BRI adalah sebagai berikut:

  • Silahkan pergi ke ATM BRI terdekat dan masukan kartu ATM Anda
  • Kemudian pilih bahasa, dan masukkan PIN ATM Anda
  • Selanjutnya pilih menu transaksi lain dan pilih info rekening
  • Lalu pilih submenu mutasi rekening
  • Tunggu hingga keluar struk berisi 5 transaksi yang pernah Anda lakukan.

Jika Anda berminat untuk membuat akun internet banking, coba Anda pilih menu buat akun internet banking bri supaya bisa mengecek transaksi lebih detail.

Cek Mutasi BRI lewat Teller Bank

Selain cara di atas, Anda bisa juga cek mutasi bri lewat teller bank secara langsung. Namun syaratnya Anda membawa identitas seperti ktp dan kartu atm Anda.

Langkah-langkah cek mutasi bri lewat teller bank:

  • Silahkan datang ke cabang bank bri dengan membawa rek dan kartu identitas
  • Bicara kepada satpam bahwa Anda akan mengecek mutasi.
  • Anda akan diberikan nomor antrian, tunggu sampai dipanggil.
  • Setelah dipanggil ke teller, bilang lagi kalau Anda akan cek mutasi.
  • Serahkan buku rekening dan tunggu hingga selesai

Di sini teller bank akan mencetak riwayat transaksi terakhir Anda di buku rekening.

Penutup

Nah seperti itulah 5 Cara Cek Mutasi BRI Baik lewat HP / Laptop dan juga lewat ATM dan teller bank. Semoga dengan membaca artikel ini Anda bisa tercerahkan untuk melakukan pengecekan riwayat transaksi terakhir.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker