Cara Setting Permission Aplikasi Android

Cara Setting Permission Aplikasi Android – Android secara default tidak memiliki permission. Saat aplikasi akan menggunakan fitur-fitur khusus yang ada di perangkat (misalnya mengakses kamera, mengirim SMS, membaca kontak, mengakses audio record, dll.) mereka perlu diberikan permission dari user agar tujuannya tercapai.

App Permision dibuat oleh developer untuk mengontrol kebutuhan dari aplikasi tersebut. Jadi kita bisa mengontrol izin sebuah aplikasi pada saat di install di smartphone android kita.

Contohnya seperti ini, kita akan diberi keterangan oleh aplikasi yang hendak kita install di playstore bahwa aplikasi tersebut membutuhkan beberapa izin untuk mengakses fitur yang ada di perangkat.

Cara Setting Permission Aplikasi Android

Kita ambil contoh aplikasi bukalapak, aplikasi bukalapak membutuhkan izin untuk mengakses perangkat kita seperti identity, location, phone, media, camera, wifi, device ID. Jika kita tidak izinkan salah satu permission tersebut, maka aplikasi tersebut tidak akan bisa mengakses perangkat yang tidak diizinkan.

Contohnya pada saat menginstall kamu tidak mengizinkan camera untuk dibaca oleh bukalapak, maka pada saat kamu menggunakan fitur kamera atau ambil foto di aplikasi bukalapak hasilnya akan error alias tidak bisa membaca kamera.

Baca juga : Mending Oppo apa Samsung? Simak ulasannya!

Ketika kita mengalami kendala seperti itu, kita bisa setting melalui fitur app permision, lalu izinkan aplikasi tersebut untuk mengaksesnya.

Langkah-langkah Cara Setting Permission Aplikasi Android

# Aktifkan fitur App Permission

Cara mengaktifkan fitur app permission kita hanya perlu membuka, setting – security – aktifkan app permission

Cara Setting Permission Aplikasi Android

Jika sudah seperti itu maka app permission sudah aktif, sekarang kita tinggal setting aplikasi yang akan ubah permissionnya.

# Setting Permission pada aplikasi

Untuk mengelola aplikasi tersebut maka kita ubah setting permission sebuah aplikasi dengan app permissions ini.

Cara Setting Permission Aplikasi Android

Jika kamu merasa aplikasi tersebut tidak perlu membaca perangkat lokasi maka kamu bisa ubah permission pada aplikasi tersebut menjadi always denny, jika kamu izinkan untuk mengakses maka allow, jika kamu memilih always ask, maka pada saat aplikasi tersebut mengakses lokasi akan muncul verifikasi yang bertanya, apakah boleh mengizinkan atau tolak.

Baca juga : Spesifikasi Vivo Apex 2019: HP Keren Tanpa Lubang, port dan Tombol

Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir lagi dengan fitur ini, kamu bisa check keamanan android kamu secara realtime.

Demikian artikel yang membahas Cara Setting Permission Aplikasi Android, semoga bisa membantu kamu.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker