Cara Menonaktifkan SMS Banking BNI & BRI

Cara Menonaktifkan SMS Banking BNI & BRI – Saat ini semua nasabah bank sangat dimudahkan dalam melakukan transaksi bank. Dengan semakin majunya teknologi maka para pemilik bank terus saja membuat inovasi-inovasi baru untuk memanjakan nasabahnya.

Misalnya dengan kehadiran Mobile Banking dan Internet Banking yang lebih memudahkan para nasabah untuk melakukan transaksi. Dengan menggunakan Mobile dan Internet Banking kita bisa melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun. Tentu hal ini sangat bermanfaat buat para orang-orang yang aktif sebagai online shoper. Karena tidak perlu bolak-balik ke bank ketika membeli barang mentah di internet.

Dengan kemajuan ini, maka fitur SMS Banking kian tergeser kepopularannya, disamping sering memotong biaya dari saldo persmsnya, menggunakan SMS banking juga membutuhkan pulsa yang cukup besar.

Maka tidak heran banyak nasabah yang ingin menonaktifkan SMS Banking pada rekeningnya karena merasa sudah tergantikan oleh Mobile Banking.

SMS banking memang cocok bagi pengguna yang tidak mau ribet dengan aplikasi berbasis internet, yang mengharuskan ketersediaan paket data untuk bisa bertransaksi, serta menginginkan laporan update baik itu uang keluar atau uang yang masuk ke tabungan BNI / BRI anda melalui SMS.

SMS Banking bisa digunakan di HP biasa sekalipun itu HP Jadul, sedangkan internet banking dan mobile banking harus diakses menggunakan smartphone baik android ataupun ios.

Coba perhatikan perbedaan dari BNI SMS Banking, Internet Banking dan Mobile Banking, adalah sebagai berikut:

BNI Internet BankingBNI Mobile BankingBNI SMS Banking
Berbasis WebBerbasis Aplikasi di smartphoneBerbasi SMS di handphone/Smartphone
menggunakan jaringan internetmenggunakan jaringan internetmenggunkan jaringan sms
Login menggunakan User ID
Pasword & captcha
Login dengan MPIN dan PasswordTidak perlu login
transaksi finansial menggunakan Bank E-secure
atau Bank m-secure
transaksi finansial menggunakan
password transaksi
transaksi finansial menggunakan
PIN sms banking

Tidak jauh berbeda dengan Bank BRI, di BRI juga ada fitur Mobile Banking, Internet Baking dan SMS Banking.

Setelah tahu perbedaan detail dari ketiga fitur tersebut, sekarang mari kita kebali ke pembahasan Cara Menonaktifkan SMS Banking BNI & BRI, begini caranya.

Langkah Menonaktifkan SMS Banking BNI & BRI dengan Mudah

Cara Menonaktifkan SMS Banking BNI & BRI dengan Mudah

Kenapa banyak sekali nasabah yang menonaktifkan fitur SMS banking pada rekeningnya, mungkin karena semakin banyak transaksi maka akan semakin banyak biaya terpotong.

Berikut rincian biaya SMS Banking:

BiayaSMS KirimSMS Non FinansialSMS Finansial
*TelkomselRp 300,- sampai dengan Rp 400,-Rp 600,- sampai dengan Rp 660,-Rp 1.200,- sampai dengan Rp 1.320,-
*Provider lainnyaRp 250,- sampai dengan Rp 400,-Rp 550,- sampai dengan Rp 650,-Rp 935,- sampai dengan Rp 1.300,-

Ket:
*finansial : Transaksi perbankan seperti transfer,pembayaran
*Non Finansial : transaksi seperti melihat saldo,mutasi rekening

Cara menonaktifkan SMS Banking BNI

1. Hubungi BNI Call Center 1500046

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghubungi Call Center BNI yang aktif 24 Jam. Ada beberapa hal yang harus anda persiapkan jika ditanya oleh customer service BNI.

Sebelum menelpon coba ingat-ingat nominal transaksi terakhir, no rekening dan yang lainnya. Biasanya itu adalah pertanyaan yang biasa dilontarkan oleh customer service. Setelah itu, bicaralah ke Customer Service bahwa maksud Anda menelpon adalah untuk menonaktifkan BNI SMS Banking.

Siapkan juga min Rp. 25.000 pulsa untuk menelpon Customer Service tersebut. Jika cara ini terasa ribet, coba gunakan cara kedua.

2. Pergi Ke Cabang BNI

Dengan pergi ke cabang BNI terdekat Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya seperti harus mengeluarkan pulsa dan lain-lain. Mungkin hanya mengeluarkan ongkos ojek jika Anda berangkat ke cabang bank menggunakkan ojek.

Sebelum berangkat perhatikan persyaratan yang harus Anda bawa, yaitu:

  • KTP
  • Buku Tabungan

Dua hal itu sangat penting dan akan selalu ditanyakan oleh CS bank ketika kita akan meminta bantuan dari mereka.

Cara menonaktifkan SMS Banking BRI

1. Hubungi Call Center BRI 14017

Jika Anda malas untuk pergi ke cabang BRI, Anda bisa menonaktifkan SMS banking BRI dengan cara menelpon ke Call Center BRI 14017. Namun resikonya Anda harus menyiapkan pulsa min Rp.25.000 untuk mencegah terputus ditengah jalan karena pulsa habis. Pulsa lebih banyak lebih bagus.

Sebelum Anda menelpon, usahakan ingat transaksi terakhir yang Anda lakukan, berapa no. rekening dan yang lainya. Karena pertanyaan yang biasa dilontarkan oleh Customer Service untuk meyakini bahwa Anda adalah pemilik rekening tersebut adalah dengan menyamakan data anda dengan data yang ada direkening.

Hal ini guna untuk mencegah orang lain yang ingin memanfaatkan rekening orang lain.

2. Pergi ke Cabang BRI

Bagi Anda yang rumahnya tidak terlalu jauh dari cabang BRI, lebih baik pergi langsung ke cabang BRI dan minta bantuan Customer Service untuk menonaktifkan SMS Banking di rekening Anda.

Jangan lupa untuk membawa KTP dan Rekening tabungan karena dua hal tersebut pasti akan ditanyakan oleh customer service.

Bilang kalau Anda ingin menonaktifkan SMS Banking, nanti cs akan membantu Anda.

Penutup

Jika ada cara terbaru untuk Menonaktifkan SMS Banking BNI & BRI yang kami ketahui pasti akan kami update pada artikel ini.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close