Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

5/5 (2)

Pasti kesel kalau tiba-tiba di android kita jadi sering muncul iklan pop-up atau muncul secara tiba-tiba. Sekarang gak usah khawatir lagi, ada Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android tanpa root yang pasti ampuh untuk dicoba.

Iklan pop up yang muncul secara tiba-tiba ini tidak hanya mengganggu kenyamanan kita saat menggunakan hp atau berselancar di internet. Iklan jenis ini juga beresiko membawa malware atau virus perusak smartphone, hal ini tentu akan berdampak buruk pada perangkat smartphone yang kita miliki.

Iklan bagi para penyedia jasa (baik aplikasi, website dan yang lainya di dunia internet) merupakan salah satu sumber penghasilan yang menyebabkan mereka bisa tetap hidup. Namun kebanyakan para pengguna tidak nyaman jika melihat iklan, apalagi jika iklan yang penyedia jasa itu tampilkan sangat menggangu pengguna Android. Pasti pengguna akan kapok dan tidak akan menggunakan jasa tersebut.

Di internet, ada beberapa macam iklan salah satu yang paling digunakan adalah iklan google karena tidak terlalu mengganggu para pengguna, seperti yang kami tampilkan di situs ini. Iklan yang sangat menggangu dan sering membuat kita kesel adalah iklan Pop Up yang disedikan bukan dari google. Maka kita perlu hati-hati karena belum tentu iklan pop up tersebut aman dari virus.

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android Tanpa Root

Ada beberapa cara menghilangkan iklan pop up pada smartphone kita, bisa dengan cara menggunakan aplikaisi pihak ketiga, atau bisa langsung juga diatur di aplikasi browser yang kita gunakannya.

Umumnya iklan pop up sering muncul pada saat kita membuka situs atau sebuah aplikasi tertentu. Namun bagi sebagian pengguna smartphone xiaomi, iklan muncul secara tiba-tiba ini juga bisa terjadi pada homescreen, atau di home screennya jadi banyak iklan.

Hal tersebut pernah saya alami di xiaomi 7a dan itu cukup membuat saya kesal karena merasa terganggu. Hal ini terjadi karena dua kemungkinan, bisa terjadi karena terkena virus atau malware atau itu iklan bawaan dari xiaomi. Saya pun menemukan solusinya di forum mi, bisa Anda lihat thread ini untuk mengatasinya https://c.mi.com/thread-1055754-1-1.html

Bila hal ini terjadi di smartphone selain xiaomi, mungkin saja itu karena terimpeksi malware.

Cara Memblokir Pop Up Iklan Di Browser Android

Seperti yang kami jelaskan di atas, iklan pop up sering muncul di sebuah situs dari aplikasi browser. Maka kita harus settings browser untuk menghentikan iklan pop up.

1. Cara Blokir Iklan pop up di Browser Google Chrome

Google Chrome merupakan salah satu browser yang paling banyak digunakan baik di smartphone atau di komputer. Browser ini sangat terkenal karena memiliki kemampuan berselancar di internet yang tinggi dan memiliki fitur yang cukup lengkap. Namun, Sebagian orang tidak tahu bahwa chrome memiliki pengaturan untuk menghilangkan iklan.

Berikut lankah-langkah mematikan iklan pop-up di chrome:

  • Masuk ke menu “Setting (Icon Gear) > Site settings > Pop-Up“.
  • Kemudian “Nonaktifkan“, cukup geser tombol bulat kekiri.
  • Menu “Settings > Site Settings > JavaScript“. (untuk menghentikan JS, sebian fungsi pada situs tidak akan termuat)
  • Silahkan “Nonaktifkan“, pindahkan tombol bulat kekiri.

Dengan menyetting seperti itu maka iklan pop-up akan dicekal tidak akan terbuka secara otomatis.

Note : Menonaktifkan javascript akan mempengaruhi beberapa fungsi website yang menggunakan fitur javascript. Untuk mengatasi masalah seperti berkurangnya fungsi javascript pada website favorite anda, silahkan lakukan pengecualian website dengan cara klik menu “ADD SITE EXCEPTION“ atau aktifkan kembali javascript, nonaktifkan pop-up saja pada settingnya.

2. Cara Blokir Iklan pop up di UC Browser

Browser UC sangat digemari oleh para penggunanya karena kecepatannya bisa seperti tupai, dan banyak fitur lain yang disediakan oleh UC termasuk fitur memblokir iklan pop-up supaya tidak menggangu para penggunanya.

Browser yang menyediakan versi lite ini tidak kalah dari google chrome, namun sebagian orang terganggu karena notif di uc browser yang sering muncul di smartphone.

Berikut langkah-langkah blokir iklan di UC Browser:

  • Masuk ke menu “Setting (Icon Gear) > Add-ons > AdBlock“.
  • Kemudian aktifkan “Ad Blocker” dan “Powerful Ad Blocker“.
  • Secara otomatis iklan yang menggangu tidak akan muncul lagi

Settingan ini tidak hanya memblokir iklan pop-up, tetapi juga memblokir semua iklan yang tersedia di internet. Namun mungkin sebagian situs akan ada yang tidak bisa diakses karena mereka menggunakan javascript anti adblock di situsnya. Biasanya akan muncul peringata “Matikan adblock anda untuk mengakses situs kami“, kebanyakan mereka adalah publisher google adsense yang ingin mendapatkan penghasilan dari situsnya.

Cara Memblokir Pop Up Iklan dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda bukan pengguna kedua browser di atas dan browser yang digunakan tidak menyediakan fitur blokir iklan, jangan khawatir karena sekarang banyak sekali aplikasi adblock yang bisa kita download secara gratis di playstore.

Cara kerja aplikasi adblocker sama seperti adblock pada uc browser. Namun bedanya, dengan aplikasi adblock ini kita tidak hanya bisa memblokir iklan di browser tetapi bisa juga di aplikasi atau game android yang ada iklannya.

1. Blokir iklan dengan Adblock Plus (ABP)

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

ABP atau AdBlock Plus ini merupakan aplikasi paling terkenal untuk pengguna smartphone dan komputer yang tidak senang dengan iklan. ABP hingga saat ini merupakan salah satu aplikasi paling laris dan paling ampuh (setidaknya menurut sang developer) untuk menghalau iklan-iklan yang tidak diinginkan muncul dan menggangu ketika sedan asik berselancar.

Penggunaan ABP cukup efektif untuk Anda karena salah satu aplikasi adblock ini disinyalir mampu menghalau iklan-iklan yang muncul mendadak (pop-up) di berbagai macam aplikasi dan games android. Dengan kata lain ABP bukan hanya mampu menghalau iklan di browser layaknya ABP di komputer, melainkan juga iklan di aplikasi dan permainan di smartphone kesayangan Anda. Aplikasinya bisa langsun Anda download di bawah ini

Berikut langkah-langkah setting aplikasi ABP di smartphone:

  • Masuk ke menu “Pengaturan > Aplikasi (Keamanan pada versi 4.0)” smartphone.
  • Carilah “Unknown Sources“, bila tidak ada tap “Checkbox“.
  • Bila muncul notifikasi konfirmasi, silahkan tap “OK“.
  • Lalu download aplikasi “Adblock Plus (ABP)” diplaystore.
  • Kemudian lakukan beberapa penyetingan seperti berikut.
  • Bagi android yang sudah di root, aplikasi akan meminta “Super User Permissions“.
  • Untuk android yang belum di root harus “Setting Proxy” dulu.
  • Buka menu “Settings > Wi-Fi > Tekan nama wifi dalam waktu lama“.
  • Pilihlah “Modify Network > Show Advanced Options > Proxy Settings“.
  • Rubah “Proxy” menjadi “Localhost” dan masukan proxy port pemberian dari aplikasi ABP.

Dengan begitu, maka aplikasi ini akan bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan, yaitu memblokir iklan.

2. Blokir iklan dengan Noroot Firewall

blokir Pop Up Iklan dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain aplikasi ABP ada juga aplikasi Noroot Firewall yang bisa Anda gunakan. Cara setting aplikasi Noroot Firewall ini tidak terlalu rumit karena kita hanya perlu mencentang aplikasi yang akan kita blokir iklannya. Jadi tidak perlu ribet atur proxy seperti aplikasi ABP.

Jika Anda tidak suka dengan yang ribet, coba gunakan aplikasi ini. Namun untuk cara kerjanya kami tidak tahu perbedaan aplikasi ini dengan abp, silahkan Anda bereksperimen sendiri untuk membedakan kualitas dari kedua aplikasi adblock ini. Berikut adalah link aplikasi Noroot Firewall yang bisa anda unduh.

Berikut langkah-langkah setting aplikasi noroot firewall:

  • Silahkan download dulu aplikasi “Noroot Firewall” di playstore, link sudah disediakan.
  • Buka aplikasi Noroot Firewal pada smartphone kamu.
  • Pada tampilan layar akan muncul “Daftar Aplikasi” yang anda dimiliki.
  • Lalu “Pilih Aplikasi” yang ingin diblok atau di hilangkan iklannya.
  • Silahkan “Centang” aplikasi, tanda silang warna merah menandakan aplikasi sudah di blok.

Selamat! kini smartphone Anda sudah terbebas dari iklan, gimana lebih mudah bukan?

3. Blokir iklan dengan AdGuard

Blokir Iklan Android Tanpa Root

Tidak mau kalah, aplikasi AdGuard juga menyediakan fitur blokir iklan tanpa root di smartphone android. Jadi, jika Anda ingin nyaman saat berselancar di internet atau membuka aplikasi yang berisi iklan dan juga menyelamatkan android anda dari serangan malware. Coba download dan gunakan adguard di smartphone android Anda, untuk mendownloadnya silahkan kunjungi link di bawah.

Berikut langkah-langkah memblokir iklan dengan Aplikasi Adguard:

  • Download dulu aplikasi “AdGuard” di Playstore.
  • Install kemudian jalankan pada hp android anda.
  • Lalu tap “Gambar Icon Power” berbentuk lingkaran di sebelah tengah atas, kemudian “Ok“.
  • Bila muncul dialog permintaan sambungan, silahkan tekan “Ok” kembali.
  • Dan proses setting aplikasi adguard sudah selesai.

Dengan begitu, aplikasi AdGuard ini akan bekerja untuk Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

4. Blokir iklan menggunakan AdBlock Browser

Blokir iklan menggunakan AdBlock Browser

Sepertinya aplikasi ini merupakan anak dari ABP, namun dikhusukan untuk memblokir iklan di semua browser seperti: chrome, uc, firefox, via, browser bawaan dan yang lainya.

Cara penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah, Anda cukup install dan seluruh iklan menggangu akan sirna alias tidak akan muncul.

Untuk melihat perbedaanya silahkan Anda install aplikasi tersebut, kemudian buka kembali artikel ini. Lihat apakah iklan di situs ini muncul atau tidak? Jika tidak kami tiak mendapatkan income. hehe

5. Blokir iklan di HP Xiaomi

Hi Mi Fans. Menurut laman yang kami baca di tekno.kompas.com, xiaomi menempati posisi dua yang paling diminati oleh para pengguna smartphone (waktu saat artikel ini ditulis). Mungkin karena spesifikasi yang bagus serta harganya yang sangat ekonomis.

Cara menghilangkan Menghilangkan Pop Up Iklan di Xiaomi ini cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pergi ke setelan xiaomi. Pilih Opsi tambahan.
  • Pilih menu Privasi.
  • Lalu tap Aplikasi dengan akses penggunaan.
  • Pilih msa dan matikan pilihan “Izinkan akses penggunaan“. Untuk menghindari iklan muncul kembali.

Cara ini memang cukup berbeda dengan cara lainya, namun bisa Anda gunakan untuk antipasi apabila xiaomi Anda terus memunculkan iklan tidak jelas.

6. Blokir iklan di HP Samsung

Hingga saat ini samsung masih menjadi raja ponsel di pasaran indonesia, hal ini menunjukan bahwa pengguna samsung adalah terbanyak dibandingkan smartphone lainya (sesuai yang ditulis di laman inet.detik.com). Kami yakin banyak dari Anda yang menggunakan smartphone bermerk Samsung. Nah, untungnya ada pengaturan di hp samsung yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan iklan tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Iklan pop up yang muncul tiba-tiba bisa disebabkan oleh aplikasi-aplikasi yang mencurigakan yang biasanya tidak ada di play store. Untuk itu kami sarankan anda untuk menghapusnya dari perangkat anda. Selain untuk menghindari iklan yang menggangu, data anda akan aman.

Berikut langkah-langkah Unistall Aplikasi di HP Samsung:

  • Buka pengaturan smartphone samsung anda
  • Pilih Aplikasi
  • Kemudian pilih aplikasi yang bukan dari play store dan hapus instalasi (uninstall)

Namun tidak hanya sampai sana, kita juga harus menghapus aplikasi yang mencurigakan di smartphone samsung kita, bisa jadi aplikasi tersebut di suntik oleh script tertentu yang membahayakan.

Cara mencarinya yaitu dengan mengunjungi pengaturan dan pilih menu Aplikasi Aktif alias yang sedang berjalan. Lalu pilih aplikasi asing yang berjalan dan tidak dikenal atau anda tidak pernah menginstall aplikasi tersebut sebelumnya. Terakhir uninstall aplikasi tersebut.

Kesimpulan

Kurang lebih seperti itulah Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android, apabila ada cara lain yang kami ketahui pasti akan langsung diupdate di artikel ini. Semoga dengan menerapkan cara-cara di atas, anda bisa terhindar dari iklan yang sering membuat anda kesal. Terimakasih telah membaca!

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close