Cara Menghemat Baterai OPPO & Realme

Panduan Cara Menghemat Baterai OPPO & Realme supaya awet tidak cepat habis. HP Oppo & Realme merupakan vendor smartphone asal Tiongkok yang saat ini banyak diminati oleh para pengguna smartphone di Indonesia.

Menurut Tekno Kompas pada September 2019. Oppo memuncaki lima besar pangsa pasar vendor smartphone Indonesia pada kuartal III 2019 mengalahkan samsung.

Oppo meraih 26,2 persen pangsa pasar di Indonesia dengan produk andalan di segmen low-end. Sedangkan Realme merupakan sub-brand dari OPPO yang saat ini sudah laris di beberapa negara.

Sama seperti oppo, realme mengusung brand spirit baru dengan semangat “Dare to Leap”. Sebuah brand spirit yang menggambarkan keberanian anak muda dalam menciptakan terobosan inovatif.

Selain menyuguhkan spesifikasi yang mumpuni di hp low-end, kedua brand ini juga memberikan kepuasan kepada penggunanya. Misalnya dalam segi kamera, selfie dan lainnya.

Namun smartphone oppo & realme ini mempunyai kelemahan seperti smartphone lainnya, yaitu batre cepat habis dan kadang tidak tahan satu hari. Tapi untuk beberapa smartphone baru mungkin sudah dibekali dengan beterai super jumbo agar penggunanya tidak bolak–balik melakukan charging.

Untuk menghemat baterai pada smartphone oppo & realme, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan supaya batre awet dan tidak boros.

Cara Menghemat Baterai OPPO & Realme supaya tidak cepat habis

Cara Menghemat Baterai OPPO & Realme supaya tidak cepat habis

Berikut cara hemat batre oppo & realme supaya awet tidak cepat habis kuat beberapa hari:

1. Matikan aplikasi yang berjalan di belakang layar

Aplikasi yang berjalan di belakang layar (background) memang berpengaruh kepada baterai smartphone. Pada informasi yang tersedia, silahkan Anda cek berapa aplikasi yang berjalan di background menguras kinerja batre.

Untuk itu Anda membutuhkan sebuah aplikasi untuk dapat mengontrol software yang berjalan di belakang layar. Salah satu aplikasinya adalah greenify yang bisa Anda unduh secara gratis di playstore.

2. Minimalisir Pemasangan Aplikasi

Sebaiknya jangan menginstall aplikasi yang benar-benar tidak diperlukan, apalagi kalau aplikasi tersebut berjalan di belakang layar. Tentu ini akan membuat batre Anda boros, dan memakan kinerja pada RAM. Kalau Anda tidak suka bermain instagram, sebaiknya hapus aplikasi instagram karena akan bekerja di belakang layar walau tidak digunakan. Begitu juga dengan aplikasi lainnya.

3. Matikan GPS Location

Jika Anda tidak peduli ketika bluetooth / GPS / Hotspot di hidupkan, maka sebaiknya sekarang Anda mulai memperdulikannya. Dengan mengaktifkan GPS Location dan peralatan lainya pada smartphone, tentu akan menguras batre sia-sia. Jadi lebih baik ketika tidak digunakan selalu mematikan tools-tools pada smartphone kita.

4. Jangan Simpan Smartphone di tempat yang panas

Apa yang terjadi jika kita menaruh smartphone di atas laptop yang panas? pasti temperatur smartphone kita juga akan ikut panas. Atau kita bermain game tanpa henti selama 18 jam sambil di charger, tentu ini akan membuat suhu device smartphone kita meningkat dan batre smartphone oppo & realme kita otomatis akan terkuras karena menghabiskan daya yang lumayan.

Simpan smartphone oppo & realme Anda di tempat yang sejuk, tapi jangan di kulkas juga. Gunakan smartphone sewajarnya karena mesin juga akan kelelahan jika dipaksa untuk digunakan terus menerus.

5. Hidupkan Fitur Hemat Daya

Dibeberapa smartphone oppo & realme sendiri sudah tersedia fitur hemat daya, yang mana dengan menggunakan fitur ini smartphone Anda akan otomatis meredupkan cahaya, dan mematikan beberapa fitur lain seperti gps, bluetooth dan yang lainnya.

Dengan fitur ini kinerja smartphone oppo & realme Anda di control oleh sistem supaya tidak melakukan hal yang berat. Jadi batre hp akan bertahan beberapa jam dari sebelumnya.

6. Meredupkan Kecerahan Layar

Gunakan wallpaper yang tidak terlalu light kemudian redupkan kecerahan pada smartphone oppo & realme sesuai kebutuhan. Jika sering menggunakan HP dengan kecerahan maksimal maka otomatis smartphone akan boros batrenya. Jika tidak percaya Anda bisa buktikan sendiri berapa kuat smartphone dengan mode kecerahan redup, dan yang terlalu terang.

Kalau merasa malas untuk mengatur kecerahan, sebaiknya Anda gunakan kecerahan otomatis yang akan mengatur kecerahan dengan sendirinya. Apabia berada di luar ruangan, maka akan terang. Kalau di dalam ruangan tentu smartphone otomatis akan meredup.

7. Matikan Fitur Ok GOOGLE

Aplikasi google yang satu ini adalah aplikasi keren yang bisa membantu kita mencari sesuatu tanpa ngetik. Namun tahukah Anda bahwa aplikasi tersebut menguras batre yang lumayan. Karena aplikasi ini multitasking berjalan di layar secara terus menerus jadi sangat menguras.

Jika Anda merasa tidak pernah atau suka menggunakan aplikasi ini sebaiknya matikan dulu fitur satu ini.

Untuk menonaktifkannya bisa melalui cara dibawah.

Buka Google Apps -> Usap kekiri -> Pilih Pengaturan -> Pilih Voice atau Suara OK Google -> Klik Selalu Matikan.

8. Matikan Akses Internet pada Aplikasi yang jalan di latar belakang

Seperti apa aplikasi yang jalan di belakang layar itu? Contohnya seperti WA, instagram, facebook, twitter dan aplikasi lain yang ketika tidak dibuka tapi selalu memberikan notifikasi. Kalau tidak ada internetnya, mana mungkin dia bisa memberi pemberitahuan.

Jadi aplikasi yang berjalan di belakang layar pun ada yang menggunakan internet. Otomatis batre smartphone akan terkuras dan cepat habis. Sebaiknya matikan akses internet pada aplikasi tersebut melalui menu settings atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.

9. Hindari Multi Tasking (membuka aplikasi lebih dari satu) Yang berlebih

Supaya smartphone oppo & realme Anda batrenya awet, sebaiknya hindari multi tasking yang memaksa. Misalkan Anda membuka wa, facebook, instagram, chrome dan yang lainya secara bersamaan. Lebih baik tutup aplikasi yang tidak digunakan kemudian buka aplikasi yang Anda butuhkan.

Cara ini cukup simple namun beberapa pengguna smartphone sering melakukan hal tersebut. Selain menguras batre hal seperti ini tentu memakan RAM juga.

10. Charging smartphone dengan benar

Mengisi batre yang benar tentu akan membuat smartphone kita awet, sesuai prosedur di buku smartphone yang kita beli. Pengisian lebih baik hingga 100%. Jika Anda sering mengisi batre lalu dicabut pada saat masih 20% atau 30% karena buru-buru, maka kinerja batre pada smartphone Anda akan berkurang.

Sebaiknya usahakan mengisi batre hingga penuh, dan jangan lupa segera cabut ketika smartphone sudah 100%. Walaupun dibeberapa smartphone oppo & realme sudah menggunakan teknologi fast charging dan daya tidak akan masuk ketika sudah penuh, namun sebaiknya segera cabut jika pengisian sudah penuh.

11. Jangan gunakan power bank abal-abal untuk mengisi

Pernahkah Anda mengisi batre dengan power bank, namun tidak terasa smartphone oppo & realme Anda jadi cepat habis batrenya? Jika pernah itulah alasan kenapa Anda tidak boleh menggunakan power bank abal-abal.

Kadang beda voltase bisa mengakibatkan smartphone & realme Anda tidak stabil. Ada power bank yang mengisinya cepat namun saat smartphone digunakan batrenya cepat habis dan sebaliknya.

Penutup

Tips Cara Menghemat Baterai OPPO & Realme dengan benar ini bisa Anda terapkan mulai detik ini. Tips ini bahkan bisa diterapkan dibeberapa smartphone lain selain oppo & realme. Referensi dari situs oppo.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker