Menghemat Baterai Android Saat Main Game Berat

blog.vivo-themes.com – Terbukti ampuh cara menghemat baterai android saat bermain game berat. Siapa yang gak kesal kalau baterai smartphonenya mudah habis atau boros daya. Apalagi kalau hp kita baru dipake main game sebentar baterai sudah habis lagi. Jadi terpaksa deh harus maen game sambil ngecharge walau kita tau itu tidak akan baik untuk baterai kita kedepannya.

Kita tahu kebanyakan smartphone mempunyai jenis baterai lithium-ion atau lithium-polymer dengan kapasitas atau mAh yang berbeda. Untuk mengisi baterai Anda tidak harus menunggu hingga benar-benar habis atau 0%, karena hal ini tentu akan semakin memperburuk smartphone kita.

Kebanyakan dari beberapa pengguna smartphone yang menggunakannya baterainya sampai 0% atau benar-benar habis, biasanya hp susah untuk bisa hidup kembali. Jadi usahakan untuk tidak menghabiskan baterai sampe kosong.

Di bawah ini kami akan menjelaskan bagaimana tips menghemat baterai hp saat bermain game berat, baik online maupun offline. Simak terus penjelasannya.

Cara Menghemat Baterai Android Saat Main Game Berat Online/Offline

Menghemat Baterai Android Saat Main Game Berat

Bukan berarti tidak akan habis, tips menghemat baterai android saat main game berat ini setidaknya akan membuat baterai tidak boros daya. Namun, kita juga harus mempertimbangkan kualitas baterai pada smartphone kita. Kalau kualitas baterai sudah tidak bagus rusak/drop tetap saja pasti bakal cepat habis.

Tapi jangan mundur sebelum mencoba, ada baiknya kita mencoba dulu tips di bawah. Siapa tahu dengan tips berikut, baterai smartphone Anda lebih tahan lama.

1. Matikan Aplikasi yang Berjalan di Background

Ketika bermain game dan banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang kerja baterai akan beberapa kali lipat. Bukan hanya baterai, RAM pada smartphone kita juga akan menyimpan banyak beban aplikasi yang berjalan tersebut. Inilah yang menyebabkan baterai mudah habis.

Solusinya adalah Anda nonaktifkan semua aplikasi yang berjalan di belakang layar ketika main game. WA, Messenger, Line, Wechat, BBM, Facebook, instagram, twitter dan yang lainya.

Ciri aplikasi yang berjalan dibelakang layar biasanya yang sering memberi notifikasi/pemberitahuan walaupun aplikasi tersebut tidak sedang kita buka.

2. Matikan Hotspot

Jika teman Anda meminta hotspot, sedangkankan Anda sedang asik bermain game atau smartphone Anda sedang digunakan untuk hal yang cukup menguras daya. Maka lebih baik jangan dituruti dulu.

Karena baterai akan cepat habis ketika kita membagikan hotspot ke orang lain, apalagi jika sampai lebih dari 5 pengguna. Smartphone yang sedang anda gunakan pasti bakal terasa panas dan baterainya cepat habis.

Maka dari itu, mematikan hotspot adalah pilihan terbaik supaya smartphone kita tidak boros baterai dan juga kuota. Boleh saja Anda membagikan hostpot pada saat smartphone Anda tidak digunakan untuk hal yang memakan banyak daya.

3. Atur Kecerahan Senyaman dilihat

Usahakan atur brightness sesuai kebutuhan, jangan terlalu cerah karena akan membuat baterai smartphone Anda boros. Biasanya jika terlalu cerah juga akan menyebabkan panas pada smartphone.

Penggunaan cahaya yang tidak terlalu terang bisa membuat baterai handphone kita bertahan lebih lama. Selain itu, penggunaan cahaya yang tidak terlalu terang juga tidak akan membuat mata terlalu perih.

4. Aktifkan Mode Hemat Baterai

Fitur ini merupakan solusi untuk membuat baterai tidak cepat habis yang disediakan oleh pabrikan smartphone. Jadi tidak ada salahnya Anda memanfaatkan fitur ini untuk menghemat baterai smartphone.

Jika Anda bertanya ngaruh atau tidak, maka sebaiknya Anda experiment sendiri. Bandingkan lebih boros mana ketikan Anda menggunakan mode hemat baterai dan tidak menggunakan mode hemat baterai ini.

Pasti akan ada perbedaan ketika Anda menggunakan mode hemat baterai dan tidak menggunakan mode tersebut.

5. Pilih Setting Grafis Game ke mode low

Cara kerja fitur mode low pada game sama seperti mode hemat baterai di smartphone, game akan sebisa mungkin meminimalisir grafis yang ditampilkan di smartphone kita.

Jelas beda ketika kita menggunakan mode low dan mode high, semakin high maka tampilan grafis yang dihasilkan akan semakin bagus. Namun, resikonya adalah baterai akan cepat habis alias boros.

Jika Anda tidak mau baterai smartphone Anda boros ketika bermain game, tidak ada salahnya mencoba mengggunakan fitur mode low ini.

6. Nonaktifkan mode getar

Trik ini juga bisa Anda coba, dengan mematikan mode getar kita tidak akan terganggu dengan vibrate hp.

Dengan mematikan mode getar kita bisa menghemat baterai sekitar 10%-15% dibandingkan ketika kita mengaktifkan mode getar.

Namun, jika Anda sudah mengaktifkan Flight Mode di game, maka tips ini tidak usah Anda lakukan.

7. Nonaktifkan GPS

Sesuai yang dikutif di kompas tekno, GPS ternyata akan membuat baterai ponsel boros. Jadi Anda harus pintar-pintar menggunakan fitur ini.

Jika game yang Anda mainkan tidak membutuhkan fitur GPS, maka sebaiknya matikan saja fitur GPS tersebut.

8. Jangan Install Aplikasi Penghemat Baterai

Karena baterai boros, banyak pengguna smartphone yang tergiur dengan aplikasi penghemat baterai yang justru lebih membuat baterai boros. Hal ini juga dikutif dari tekno kompas soal borosnya baterai smartphone.

Untuk pembuktiannya, kami juga pernah menginstall aplikasi penghemat baterai yang di download gratis di playstore. Menurut kami, aplikasi tersebut hanya lebih memboroskan baterai smartphone.

Pasalnya aplikasi tersebut berjalan terus di latar belakang dan memberikan notif-notif tidak untuk download aplikasi lain miliknya.

Aplikasi yang kami install adalah DU Battery saver, tidak berpengaruh menghemat baterai namun justru membuat baterai cepat habis.

9. Gunakan Greenify

Daripada menginstall aplikasi penghemat baterai, lebih baik menginstall aplikasi Greenify. Dengan aplikasi ini kita bisa mematikan/menonaktifkan aplikasi yang berjalan di belakang layar.

Semakin banyak aplikasi yang dimatikan maka penggunaan baterai akan semakin sedikit, jadi dengan begitu kita bisa menghemat baterai android saat bermain game berat.

Penutup

Jika ada informasi baru yang kami terima tentang Cara Menghemat Baterai Android Saat Main Game Berat, kami akan selalu update setiap saat. Pada intinya, untuk menghemat baterai smartphone kita jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan para pembaca setia sekalian. Terimakasih

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker