Cara Mengatasi Touchscreen Mencet Sendiri di Android

blog.vivo-themes.com – ghost touch screen? begini Cara Mengatasi Touchscreen Mencet Sendiri di Android. Masalah layar sentuh seperti ini memang sangat menjengkelkan, bagaimana tidak? Smartphone kita terus saja mencet sendiri tak bisa dihentikan kecuali dengan dimatikan hpnya.

Touch screen memang merupakan kompunen utama yang sangat penting dalam smartphone sekarang. Karena dengan touch screen kita bisa mengoperasikan apa yang ada dalam smartphone tersebut. Jelas bila touch screen rusak, maka kita kesulitan untuk mengoperasikan smartphone kita dalam memilih menu, membuka aplikasi dan yang lainnya.

Ghost touch adalah istilah yang sering digunakan para pengguna smartphone ketika touch screennya mencet sendiri. Hal ini bisa terjadi pada smartphone low-end ataupun high-end.

Cara Mengatasi Touchscreen Mencet Sendiri di Android dengan mudah

Cara Mengatasi Touchscreen Mencet Sendiri di Android dengan mudah

Berikut kami akan menguraikan beberapa penyebab dan solusi yang bisa Anda lakukan ketika layar smartphone mengalami ghost touch alias mencet sendiri. Mari kita mulai dari langkah sederhana, antara lain:

1. Bersihkan Pelindung Layar

Cobalah untuk membersihkan pelindung layar smartphone Anda. Bisa jadi layar mencet sendiri diakibatkan dari kotoran atau air. Jika Anda menggunakan pelindung layar, alangkah lebih baik jika pelindung layarnya dilepas dulu. Kemudian bersihkan layar smartphone secara menyeluruh menggunakan tisu atau handuk halus.

Teteskan sedikit minyak telon untuk membuat layar menjadi semakin bersih.

2. Periksa Charger mungkin Bermasalah

Hal kedua yang bisa membuat layar hp mencet sendiri adalah charger rusak. Jika Anda sedang mengisi daya smartphone, kemudian layarnya mencet sendiri. Kemungkinan besar charger Anda rusak dan harus di ganti.

Usahakan ganti dan gunakan charger original supaya kinerja smartphone Anda tetap bagus.

Seperti yang sering saya rasakan ketika menggunakan charger teman, ketika di sentuh smartphone saya menjadi kurang enak dan agak lelet responnya, lebih parah sampai ngelag dan mencet sendiri.

3. Periksa Kerusakan pada Baterai

Selain masalah charger, ghost touch juga biasa terjadi karena baterai smartphone kita sudah tidak bagus. Apalagi jika Anda sering menghabiskan baterai sampai 0%, itu akan membuat smartphone kita menjadi gampang rusak.

Efeknya bervariasi, mulai dari baterai cepat habis sampai kepada touchscreen mencet sendiri karena kinerja smartphone kurang optimal.

Namun, jika Anda merasa baterai smartphonenya baik-baik saja. Maka masalahnya berarti bukan dari baterai.

4. Periksa Touchscreen Panas

Touchscreen panas memang sering menimbulkan ghost touch, apalagi ketika pengguna smartphone menggunakan hpnya untuk bermain game sambil diisi daya.

Untuk smartphone high-end pasti akan lebih kuat, namun smartphone low-end sering mengalami overheat yang mengakibatkan touchscreen ngeleg dan mencet sendiri.

Oleh karena itu , jika layar sudah terasa panas maka hendaklah untuk mengistirahatkannya sejenak untuk menghindari rusak lebih parah.

5. Jangan Membuka Apliksi Berlebihan

Selain dapat menimbulkan lag, membuka aplikasi berlebihan juga dapat membuat layar smartphone mencet sendiri. Akibat dari multitasking yang terlalu bayak memakan ram ini, maka layar jadi tidak stabil dan kadang suka telat respon, lag atau sampe mencet sendiri.

6. Atur Ulang Kalibrasi Layar

Coba download aplikasi kalibrasi layar di playstore. Sudah banyak yang riview di youtube, dengan menggunakan kalibrasi layar, smartphone yang sering ghost touch jadi normal kembali.

Namun jika susah dan tetap tidak membuahkan hasil, Anda perlu menggunakan cara terakhir.

7. Bawa ke Tempat Service

Bila smartphone masih dalam keadaan ghost touch maka sebaiknya bawa saja ke tempat service. Mungkin hal yang menyebabkan touchscreen mencet sendiri pada smartphone Anda adalah lcd touchscreen yang sudah rusak dan harus diganti.

Kesimpulan

Itu dia 7 Cara Mengatasi Touchscreen Mencet Sendiri di Android yang bisa Anda coba. Dari pembahasan di atas bisa disimpulkan ada beberapa penyebab yang dapat membuat layar smartphone mencet sendiri. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker