Cara Mengatasi Layar Sentuh Hp Xiaomi Yang Kurang Sensitif

Berikut Cara Mengatasi Layar Sentuh Hp Xiaomi / Redmi Yang Kurang Sensitif. Sebagian MiFans ada yang mengeluhkan touchscreen hp nya tidak sensitif. Apalagi saat digunakan bermain game, atau hanya sekedar mengetik dan menggeser menu di layar.

Masalah tersebut memang sering terjadi pada smartphone touchscreen, salah satunya pada HP Xiaomi / Redmi. Faktor yang menyebabkan layar kurang sensitif bisa saja karena layar kotor, atau ada minyak / air yang menempel pada smartphone.

Jadi banyak faktor yang menyebabkan layar hp kurang sensitif, Anda tidak harus sepenuhnya menyalahkan rusak pada layar. Namun sebaiknya cari tahu dulu apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Jika tiba-tiba saja hp Xiaomi Anda tidak sensitif dan ngehang, itu bisa saja terjadi karena beban aplikasi. Bukan sepenuhnya kerusakan dari hardware pada smartphone. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak baik-baik.

Cara Mengatasi Layar Sentuh Hp Xiaomi Yang Kurang Sensitif

Layar kurang sensitif bisa juga terjadi apabila kita mengatur sensitifitasnya salah pada pengaturan. Ada banyak sekali kemungkinan yang bisa Anda cari tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan hp Xiaomi yang tiba-tiba seperti itu.

Cara Mengatasi Layar Sentuh Hp Xiaomi Yang Kurang Sensitif

Berikut beberapa Cara Mengatur Sensitif Layar HP Xiaomi:

1. Bersihkan Layar HP Xiaomi Anda

Bisa jadi masalahnya karena layar HP Anda kotor, ada debu atau cairan lainya yang membuat sensitifitas layar kurang. Jadi sebaiknya sebelum Anda menyangka kepada hal-hal yang fatal. Bersihkan layar hp Xiaomi / redmi dengan tissue halus, gunakan minyak telon sedikit supaya layar lebih licin.

2. Lepaskan Tempered Glass Hp

Sebaiknya lepaskan TG yang melekat pada smartphone Xiaomi / Redmi Anda dan rasakan perbedaan ketika menggunakan TG dan tidak menggunakan. Apabila layar lebih sensitif ketika tidak menggunakan TG, berarti masalahnya di TG yang dikenakan.

Tempered Glass yang pecah biasanya akan mengakibatkan layar pada smartphone xiaomi / redmi kita sedikit ngaco, layarnya kurang sensitif dan lainnya. Sebaiknya beli TG baru yang lebih baik, atau tidak perlu menggunakan temperd glass sama sekali.

3. Kalibrasi layar Xiaomi (Sensor Proximity)

Jika pada layar tidak ada masalah, sekarang coba untuk melakukan kalibrasi layar. Xiaomi sendiri sudah dilengkapi dengan tool khusus untuk mengecek apakah hardware berfungsi baik atau tidak. Untuk setting kalibrasi Anda bisa lakukan langkah-langkah berikut:

  • Nyalakan Smartphone Xiaomi Anda
  • Masuk ke aplikasi Phone / Telepon.
  • Ketik *#*#6484#*#* di dialpad.
  • Nanti Anda akan dibawa ke menu hardware test, kemudian pilih Proximity Test.
  • Setelah itu, tutup area Proximity Sensor (di bagian atas layar) dengan jari, kemudian tekan tombol Calibrate
  • Selanjutnya jauhkan jari secara berlahan-lahan dari Proximity Sensor hingga angka di bagian atas menampilkan angka 5.xxxx (x bervariasi).
  • Biasanya setelah menunjukan angka 5.x tersebut maka akan ditampilkan pesan Calibration passed.
  • Ketuk pada tombol Pass kemudian ketuk tombol Home untuk kembali ke homescreen.

Untuk cara kalibrasi penjelasan beserta gambarnya Anda bisa kunjungi comunitas.mi.com tentang cara kalibrasi.

4. Reboot Perangkat Xiaomi Anda

Kemungkinan smartphone Anda kelelahan dan mesinnya butuh untuk merefresh, file chache yang sedang berjalan akan terhenti dengan cara di restart. Cara ini cukup simple namun mampu membantu lebih baik masalah-masalah yang terjadi pada smartphones.

5. Tutup Aplikasi yang Berjalan di Background

Bisa jadi layar hp xiaomi tidak sensitif diakibatkan oleh ram yang terlalu memproses banyak aplikas yang berjalan. Ada beberapa aplikasi yang berjalan dibelakang layar namun tak mampu kita lihat. Jadi sebaiknya gunakan aplikasi greenfy untuk mengontrol aplikasi-aplikasi yang sedang run tanpa kita ketahui.

Hal ini dapat membuat smartphone berat dan akhirnya layar tidak sensitif atau lemot jika kita sentuh.

6. Gunakan Charger Bawaan HP

Sebaiknya Anda selalu gunakan charger bawaan hp yang ori. Jika Anda bermain ke teman, usahakan mengisi baterai denga charger bawaan jangan asal ngisi. Hal ini juga dapat mempengaruhi terhadap sensitifitas layar.

Jika Anda pernah merasakan smartphone Anda kurang sensitif pada saat diisi oleh charger teman, maka itu bisa dijadikan pembelajaran supaya senantiasa membawa charger ori apabila akan bermain lama.

7. Jangan gunakan powerbank abal-abal

Selain Anda harus mengisi baterai dengan charger ori, Anda juga harus menghindari mengisi baterai menggunakan powerbank abal-abal. Hal ini sama ketika kita charge menggunakan charger yang tidak ori. Sensitifitasnya sedikit terganggu karena arus listrik yang diberikan oleh charger tersebut berbeda.

8. Gunakan Wallpaper Ringan

Jika Anda menggunakan wallpaper dengan animasi atau gambar bergerak yang berukuran besar. Maka sebaiknya sekaran Anda mengganti wallpaper dengan yang ringan namun indah dipandang.

Memang seperti tidak berpengaruh kepada apapun, tapi tahukah Anda bahwa wallpaper berat itu akan menggangu sensitifitas pada layar jadi menurun.

9. Reset Smartphone Anda

Jika masih saja belum berhasil sebaiknya Anda melakukan reset pada smartphone Xiaomi Anda. Dengan melakukan reset maka smartphone Anda akan nampak seperti baru dan pengaturan, aplikasi dan yang lainnya akan kembali seperti semula.

Cara ini sebaiknya Anda gunakan jika cara-cara di atas memang sudah tidak mempan.

10. Bawa ke tukang service

Langkah terakhir yang bisa Anda coba jika layar smarphone Xiaomi / Redmi Anda tetap kuran sensitif, sebaiknya bawa ke tukang service supaya di cek hardwarenya. Apakah ada kerusakan di layar atau tidak.

Penyebab HP Xiaomi layarnya kurang sensitif

  • Aplikasi berjalan di background terlalu banyak. Terlalu banyak multitasking akan menguras kinerja RAM, hal ini dapat membuat layar lemot merespon.
  • Kapasitas RAM mulia penuh. Layar hp xiaomi tidak sensitif bisa diakibatkan karena kinerja RAM yang ekstra dan penuh.
  • Bug pada ROM. Kalau Anda menggunakan costum rom, sebaiknya ganti kembali romnya. ROM yang tidak cocok bisa mengakibatkan error pada bagian-bagian tertentu.
  • Layar terbentur. Saat membeli baru, hp biasanya dilindungi oleh pelindung tipis (glass panel) sebagai pelindung, akan tetapi tidak menutup kemungkinan layar hp tidak bisa disentuh setelah terjatuh.
  • Kelebihan arus listrik. Layar sentuh hp xiaomi yang kurang sensitif karena arus listrik berlebih dari charger yang bukan bawaan atau menggunakan powerbank abal-abal.

Penutup

Itulah panduan Cara Mengatasi Layar Sentuh Hp Xiaomi Yang Kurang Sensitif. Di sini sudah dijelaskan cara mengatasi dan penyebab layar hp xiaomi kurang sensitif. Semoga dapat membantu!

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker