Cara Melihat History Transaksi BNI Lewat ATM / HP

Jika Anda merupakan nasabah baru di salah satu bank Indonesia, pasti Anda akan sedikit bingung bagaimana cara melihat history transaksi BNI lewat atm atau lewat HP kita, atau yang umum disebut dengan cek mutasi rekening.

Melakukan pengecekan mutasi pada bank harus rutin kita lakukan jika kartu ATM kita sering digunakan untuk belanja online. Hal ini bertujuan untuk mencegah hilangnya saldo ketika kita tidak melakukan pembayaran atau menerima transferan dari orang lain.

Mengecek mutasi atau melihat history transaksi terakhir yang kita gunakan, bisa dilakukan lewat mobile banking, sms banking, internet banking, bisa juga langsung di mesin atm. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara melakukannya, silahkan simak keempat cara tersebut di bawah ini. Namun sebelum menjelaskan caranya, Berikut ini adalah beberapa fungsi atau manfaat dari mutasi rekening bagi para pemilik rekening bank :

  1. Sebagai sebuah laporan atas seluruh aktifitas yang terjadi di dalam rekening tersebut selama kurun waktu tertentu, aktifitas ini dapat berupa dana masuk maupun dana keluar.
  2. Sebagai alat yang membantu berlangsungnya kelancaran sebuah transaksi dalam sebuah bisnis (ini berlaku bagi mereka yang melakukan bisnis online dan menerima pembayaran melalui transfer bank).
  3. Sebagai kontrol atas semua transaksi yang telah dilakukan atau dijalankan selama kurun waktu tertentu, terutama bagi mereka yang banyak melakukan transaksi melalui internet banking dan mobile banking. Hal ini sekaligus sebagai indikator pengaman bagi transaksi-transaksi yang mungkin dilakukan oleh pihak lain terhadap rekening bank Anda tanpa sepengetahuan Anda.

Cara Melihat History Transaksi BNI

Cara Melihat History Transaksi BNI Lewat ATM / HP

Ada empat cara mengecek mutasi / transaksi terakhir bni yang akan kami sajikan pada artikel kali ini. Silahkan disimak cara yang menurut Anda paling mudah untuk dilakukan, tentunya gunakan cara yang paling efisien supaya tidak membuang waktu Anda.


1. Cek Mutasi BNI Via Kantor Cabang melalui teller bank

Untuk cara pertama Anda bisa mendatangi kantor cabang bni mana saja yang dekat dengan rumah, tidak harus pusat bank bni, cukup mengunjungi cabang terdekat. Setelah di kantor cabang BNI, Anda masuk dan minta nomor antrian ke satpam, tunggu sampe Teller bank memanggil nomor antrian Anda dan ceritakan jika Anda akan melakukan cek mutasi.

Cara ini sedikit lebih rumit, Anda harus datang ke bank bni membawa persyaratan seperti buku tabungan dan ktp, serta tidak bisa diwakili, harus pemilik rekening bni aslinya.

Selain cek mutasi untuk dapat Melihat History Transaksi BNI, Anda juga dapat transfer, cek saldo dan lain sebagainya melalui teller bank. Nanti akan diprint pada buku tabungan bni Anda sebagai buktinya. Seperti yang dijelaskan bahwa kekurangan cara pertama ini Anda harus sedikit sabar karena terkadang antriannya begitu banyak, cara ini terbilang lebih rumit untuk dapat Melihat History Transaksi BNI . Berikut cara kedua yang lebih mudah:


2. Cara Cek MUTASI BNI lewat Mesin ATM

Sedikit berbeda dengan cara pertama, Anda tidak perlu membawa persyaratan apapun untuk melakukan cek mutasi pada rekening Anda lewat ATM. Anda hanya perlu membawa kartu ATM dan pergi ke tempat yang disediakan mesin ATM.

Melakukan cek mutasi lewat mesin ATM bisa dilakukan 24 Jam, tidak ada batasan waktu jam kerja seperti mengecek mutasi lewat teller bank. Anda juga tidak perlu antri berlama-lama, cukup tunggu waktu mesin ATM kosong dari nasabah lain.

Anda harus tahu pin rekening ATM untuk dapat melakukan cek mutasi rekening tabungan Anda. Berikut cara melakukannya :

  • Masukkan kartu atm ke mesin atm bni.
  • Pilih bahasa Indonesia.
  • Masukkan PIN ATM BNI kalian.
  • Pilih menu Informasi & Mutasi.
Cara Melihat History Transaksi BNI Lewat ATM / HP
  • Cari dan pilih menu Informasi & Cek Mutasi pada Layar monitor.
  • Pilih lagi Rekening Tabungan.
  • Tunggu sampai mesin ATM memporses, biasanya akan kita akan dapat Melihat History Transaksi BNI pemakaian terakhir atm.

3. Cara Cek MUTASI BNI lewat Internet BANKING

Untuk dapat melakukan cara ini, ATM Anda harus sudah terdapaftar ke dalam internet banking. Jika Anda belum mendaftarkan atm ke internet banking, silahkan lakukan registrasi dengan melalui teller bank terdekat. Fitur Internet Banking BNI belum bisa menerima pendaftaran secara individu, harus melalui teller bank atau mesin ATM.

Jika Anda sudah punya akun internet banking, begini cara cek mutasi lewat ib bni :

  • Langkah pertama Anda akses situs https://ibank.bni.co.id, selain situs resmi milik BNI itu phising (tempat login tipuan untuk mengambil user/pass Anda)
  • Pada menu utama Adna pilih menu Rekening dan pilih submenu Mutasi Tabungan & Giro.
  • Pilih nomor rekening bni mana yang ingin dicek.
  • Secara otomatis nanti akan muncul mutasi pada hari ini. Apabila kalian ingin melihat mutasi pada hari sebelumnya, Anda pilih cek mutasi berdasarkan waktu, bisa seminggu, sebulan dan tiga bulan terakhir.
  • Klik link kriteria Pencarian. Setelah kalian memilih nomor rekening, tanggal dan periode, langsung klik tombol Cari.
Cara Melihat History Transaksi BNI Lewat ATM / HP
  • Gambar di atas merupakan mutasi / history transaksi terakhir.
  • Selesai.

4. Cek Mutasi Rekening BNI Lewat SMS Banking

Untuk dapat menggunakan metode ini, kita perlu Mendaftar SMS Banking BNI terlebih dahulu. Setelah mendaftar, ketikkan kode berikut sebagai Format Kode SMS Banking BNI untuk melihat mutasi rekening tabungan BNI.

Ketik: HST
Kirim ke: 3346

Kirim SMS tersebut dengan menggunakan nomor yang telah didaftarkan untuk SMS banking BNI. Jika tidak menggunakan nomor yang sama pada saat registrasi, permintaan tidak akan dipenuhi dan akan gagal

5. Cek Mutasi BNI Melalui Mobile Banking

Silahkan Daftar BNI Mobile Banking terlebih dahulu. Jika sudah daftar, ikuti langkah-langkah berikut untuk melihat history transaksi rekening BNI melalui Hp atau smartphone dengan aplikasi BNI Mobile Banking.

  • Pertama, login dengan menggunakan akun Anda.
  • Masukkan username dan m-PIN BNI.
  • Pilih Informasi.
  • Pilih Mutasi.
  • Pilih nomor rekening yang ingin dilihat riwayat transaksinya.
  • Pilih jangka waktu mutasi.
  • Klik Lanjut.
  • Selesai.

Kesimpulan

Dari 5 Cara Melihat History Transaksi BNI Lewat ATM / HP, Anda pasti tau mana yang lebih mudah untuk digunakan dan bisa Anda terapkan untuk jangka waktu yang panjang. Jika boleh bersaran, lebih baik gunakan mobile banking BNI, karena kita bisa cek mutasi kapanpun hanya dengan modal paket data, lebih efektif dan menghemat waktu juga biaya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker