Cara Komplain JNE Jika Paket Online Shop Bermasalah

Berikut Cara Komplain JNE Jika Paket Online Shop Bermasalah atau belum sampai. Di zaman sekarang orang-orang lebih milih belanja online daripada harus pergi ke pasar. Belanja online lebih praktis, kita tidak perlu cape-cape cari dan bawa barang belanjaan. Beda ketika kita belanja di mall atau pasar, kita harus mencari dan membawa barang belanjaan.

Namun belanja online tidak sepenuhnya bagus, ada kekurangan ketika kita belanja online, misalkan barangnya lama sampai, barangnya rusak pas sampai rumah dan sebagainya.

Terkait barang yang lama sampai, Anda tidak bisa sepenuhnya menyalahkan penjual. Karena sejatinya para penjual juga tidak tahu barang Anda sedang dimana. Karena ini adalah tugas kurir. JNE atau pihak ekspedisi lain adalah yang bertanggungjawab 100% atas pengiriman.

Pengiriman JNE bisa dibilang selalu tepat waktu. Namun yang namanya pengiriman paket kadang tidak selalu berjalan lancar. Ada kalanya paket terhambat dan bermasalah ketika Anda terima. Misalnya paket tidak datang-datang, atau paket rusak parah ketika masih dikemas.

Jika Anda mengalami paket bermasalah dengan JNE, Anda tak perlu khawatir karena Anda bisa komplain kepada pihak JNE.

Cara Komplain JNE Jika Barang Belum Sampai

Ada beberapa cara kompain yang bisa Anda lontarkan kepada pihak JNE terkait barang yang Anda beli online melalui pengiriman JNE. Anda bisa komplain melalui email, media sosial, via sms atau telepon dan sebagainya.

Lebih jelasnya Ada 5 cara untuk komplain ke pihak JNE terkait barang pesanan Anda :

  • Melalui Email customercare@jne.co.id
  • Mengirimkan pesan ke sosial media JNE
  • Melalui telepon (021) 2927 8888 (Berbayar 1500/menit)
  • Melalui halaman Ask Joni
  • Datang langsung ke kantor JNE pusat / cabang

Dari kelima cara tersebut Anda bisa pilih salah satu yang menurut Anda paling mudah. Namun untuk lebih efisien, Anda bisa menggunakan semua cara di atas, baik melalui email, mengirim pesan ke media sosial jne atau datang ke kantor cabang JNEnya.

Untuk gambaran detail bagaimana cara Anda menanyakan barang kepada pihak JNE, bisa simak ulasannya hingga beres.

Cara Komplain JNE Lewat Email

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ketika paket bermasalah adalah lewat Email Customer Care JNE. Anda bisa mencurhatkan masalah yang terkait dengan paket online Anda kepada customer care. Namun untuk lebih formal Anda bisa mengirim email dengan format di bawah:

  • Isi Subject dengan Paket Bermasalah
  • Isikan deskripsi Email dengan penjelasan kenapa paketnya bermasalah (Misalnya belum sampai, atau statusnya belum berubah)
  • Tulis nomor resi Anda.
  • Lampirkan Nama Penerima + Pengirim +  Nomor HP Anda yang masih aktif
  • Jika perlu, Anda bisa melampirkan foto penjelasan seperti lokasi terkini paket Anda dengan mengirim screenshoot via cek resi.

Anda bisa mengikuti cara di bawah ini untuk lebih spesifiknya:

Email:customercare@jne.co.id 
Subject: Paket Bermasalah (123456568982)
Isi:
Halo, Saya mengalami masalah dengan paket yang dikirim dengan JNE. Sampai hari ini masih belum sampai, pengirimannya dari 15 hari kemarin.
Waktu saya cek status paket dengan no resi 123456789 belum berubah.
Lebih jelasnya,
Alamat penerima: Nama: (isi nama anda sesuai di resi) Alamat: (isi alamat lengkap sesuai di resi) No HP/Tlp: (isi no tlp sesuai resi yg bisa dihubungi) Pengirim (optional): Nama: No HP:

Mohon segera diproses,
Terimakasih

Silahkan copas dan ganti nomor resi, nama dan nomor hp dengan yang terkait dengan pesanan paket Anda. Silahkan kirim ke email customercare@jne.co.id dan tunggu balasan. Lama tidaknya tergantung antrian, bisa dibales cepat atau dibales lama maks 1×24 Jam.

Cara Komplain Melalui Halaman Ask Joni

Cara Komplain Melalui Halaman Ask Joni

Berikutnya cara komplain melalui form yang disediakan oleh pihak JNE. Ask joni disediakan khusus untuk memudahkan pelanggan menghubungi pihak jne untuk memberi bantuan. Dengan adanya form ini Anda bisa mencurhatkan semua permasalahan terkait barang Anda yang menggunakan jasa pengantar JNE.

Sebagian pengguna memanfaatkan fitur ini untuk komplain barang mereka. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka halaman Ask Joni
  2. Isi data yang diperlukan (Nama, Alamat, no HP)
  3. Pada kolom subject pilih Customer Service
  4. Isi pesan komplain sesuai dengan yang Anda ingin sampaikan kepada pihak JNE.

Jangan lupa sertakan juga nomor resi, nama pengirim dan penerima supaya pihak JNE bisa mengecek lokasi paket Anda. Nanti pihak JNE akan membalas pesan Anda melalui nomor Telepon atau email, jadi pastikan nomor dan email itu adalah milik Anda yang aktif ya.

Cara Komplain Lewat Pesan Ke Sosial Media

Zaman sekarang bukan cuma selebgram yang aktif di sosial media, admin-admin perusahaan pun aktif dan siap mendengar keluhan para penggunanya lewat sosial media, salah satunya adalah JNE.

JNE punya beberapa sosial media yang bisa dicoba juga untuk komplain. Buat yang belum tahu, udah banyak kok orang-orang yang pakai cara ini seperti gambar di atas. Admin sedang follow up komplainan para penggunannya.

Akun sosial media resmi JNE yang bisa Anda gunakan:

Anda bisa follow semua akun JNE atau salah satunya untuk menghubungi admin yang akan membantu mengatasi permasalahan paket pesanan online. Untuk caranya kirimkan pesan melalui chat atau dm ke salah satu akun sosmed diatas.

Untuk Formatnya sama seperti komplain menggunakan Email. Lampirkan saja nama pengirim, penerima, no resi, no HP dan penjelasan kenapa paketnya bermasalah. Admin akan membalas sesuai antrian yang ada di notifikasinya, jadi mohon bersabar ya, mungkin Anda butuh waktu sekitar 30 menitan paling lama.

Cara Komplain dengan Menghubungi JNE Melalui Telepon

Jika Anda sudah merasa sangat tidak sabar dengan balasan para customer service pihak JNE. Anda dapat menghubunginya secara langsung melalui telpon. Namun dengan menggunakan cara ini Anda membutuhkan pulsa yang lumayan. Namun demi keamanan pesanan Anda, mungkin Anda harus mengorbankan pulsa untuk menghubungi pihak JNE.

Telepon ini akan masuk ke JNE Pusat. Oleh sebab itu permasalahan paket yang terjadi pada Anda bisa diketahui dengan jelas dan Anda juga akan mendapatkan solusinya. Caranya langsung hubungi saja nomor (021) 2927 8888. Kemudian jelaskan detail permasalah paket yang Anda alami.

Cara Komplain dengan Datang Langsung Ke Kantor JNE

Cara paling efektif yang bisa Anda lakukan ketika pesanan Anda mengalami masalah Adalah dengan datang langsung ke kantor JNE. Di sana Anda bisa langsung menjelaskan permasalahan barang Anda ke costumer service.

Nanti pihak kantor JNE yang Anda datangi akan melakukan follow-up ke kantor pusat tentang permasalahan tersebut. Jika masalahnya terlalu rumit, bisa saja solusi yang diberikan oleh pihak JNE adalah refund.

Jadi, datang saja ke kantor JNE. Jika Anda tidak tahu bisa mencari dulu lewat google dengan kata kunci “kantor JNE terdekat“. Jika tidak ada maka Anda bisa datang ke kantor cabang jne terlebih dahulu, mungkin nanti pihak cabang akan memberi bantuan dan mengarahkan Anda ke kantor JNE pusat.

Jangan datang ke Agen JNE ya!

JNE Pusat = JNE Pusat Jakarta
JNE Cabang/Perwakilan = JNE Pusat di kota lain.
JNE Agen = JNE kecil-kecil yang tersebar di setiap daerah.

Langkah Pertama Sebelum Komplain ke JNE

Ada baiknya Anda jangan asal komplain kepada pihak JNE, Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum melakukan komplain. Karena barang kali pesanan paket Anda sudah dititipkan ditetangga, atau di satpam penjaga komplek rumah.

Karena biasanya kita diberikan no resi untuk mengetahui status pengiriman pesanan kita.

Untuk cek resi kita bisa lakukan di www.jne.co.id atau di cekresi.com.

Seperti contoh gambar di bawah ini:

Dari hasil tracking resi tersebut bisa diketahui bahwa..

16-03-2017 jam 11:27 RECEIVED AT WAREHOUSE [BOGOR]
(Barang sudah sampai di kota Tujuan di Gudang JNE Bogor)
17-03-2017 jam 14:51 WITH DELIVERY COURIER [BOGOR]
Barang sudah bersama kurir JNE Bogor siap diantar ke rumah

Masalah yang terjadi..
18-03-2017 jam 21:00 Barang belum sampai ke alamat tujuan

Jika Anda merasa ini adalah sebuah masalah karena paketnya belum diantarkan ke rumah Anda, dan sudah cukup lama mandeg tidak berjalan, atau terlambat. Silahkan komplain kepada pihak JNE dan berikan lampiran buktinya.

Bagaimana Kalau Barang Rusak / Hilang?

Asalkan jelas dan ada bukti datanya, kemungkinan pihak JNE akan menyediakan opsi refund. Maka dari itu lebih baik langsung saja datang ke kantor JNE terdekat di tempat tinggal.

Kenapa Paket Belum Sampai?

Paket pesanan online belum tiba bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya overload (Biasa terjadi waktu liburan), pengiriman paket yang telat dari pengirim (Misalnya JNE YES tapi kirim malam-malam), dan sebab lainnya. Tunggu saja dulu sambil cek resi setiap beberapa waktu. Kalau barang belum sampai hingga satu bulan, Anda harus segera mendatangi kantor JNE untuk minta kejelasan.

Tips Menghindari Masalah Saat Pengiriman dengan JNE

Jika Anda tidak mau bermasalah dengan paket Anda, maka sebagai penjual atau pembeli harap menghindari hal berikut:

  • Packing barang jangan terlalu kecil. Ini untuk menghindari kehilangan keselap-selip ketumpuk dsb. Karena paket di gudang JNE numpuk ribuan.
  • Alamat super lengkap. RT/RW no rumah kelurahan, kecamatan jangan sampai tertinggal. Dianjurakan juga pake keterangan patokan.
  • Lampirkan nomor hp yang aktif. Ada saja pembeli yang tidak memberikan nomor hp yang aktif, mungkin karena salah menginput atau bagaimana. Hal ini bisa menghambat lamanya pesanan Anda. Karena kurir bingung menghubungi Anda, kurir tahu berbagai tempat tapi tidak dengan keberadaan Anda.

Penutup

Demikian ulasan kami mengenai Cara Komplain JNE Jika Paket Online Shop yang bermasalah. Kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan penjual, karena mungkin paket telat karena ada masalah di kurir. Jika barang rusak, Anda bisa mempertimbangkan dan langsung membuat laporan untuk dikembalikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker