3 Cara Mudah Buka Situs yang Diblokir

Semua hal tentu saja ada jalan keluarnya, termasuk cara buka situs yang diblokir oleh pemerintah, ISP dan operator guna untuk melindungi generasi muda dari situs-situs terlarang yang akan membahayakan masa depannya.

Beberapa cara telah dilakukan oleh pemerintah, baik dengan cara memblokir situs dengan DNS Nawala, Internet postif dan lain-lain. Pengawasan pemerintah memang sangat protectif terhadap situs-situs yang akan membahayakan masyarakatnya.

Namun ada pemblokiran yang tidak tepat sasaran, contohnya situs Vimeo yang juga sempat diblokir pemerintah beberapa waktu lalu. Menurut banyak pengguna, situs tersebut banyak konten yang bermanfaat buat para penggunanya.

Bayangkan saja, saat kita sedang asik-asik berselancar diinternet, tiba-tiba situsnya diblokir. Padahal situs tersebut tidak termasuk ke dalam situs yang berbau ter*risme p*rnogra*i.

Ada beberapa situs yang diblokir pemerintah yang menurut banyak orang itu situs bermanfaat, karena bisa dibutuhkan informasinya sangat dibutuhkan. Nah, untuk itu ada beberapa cara membuka situs yang diblokir oleh pemerintah yang akan dipaparkan di artikel ini.

Tips ini bisa sobat gunakan untuk membuka situs-situs yang diblokir oleh jaringan provider yang sobat pake, bisa juga diblokir oleh pemerintah. Gunakan tips ini untuk hal yang baik, jangan hal buruk ya! dosa ditanggung sendiri. (gue tau kalian mau buka situs apa)

Namun sebelum ke cara-caranya, ada beberapa ciri yang harus sobat ketahui dari situs yang diblokir ini.

Buka situs yang diblokir

Ciri-ciri Situs Yang Diblokir

Ada perbedaan antara situs yang diblokir, situs yang error, situs yang suspend, situs yang sedang perbaikan. Jadi, alangkah baiknya sobat ketahui dahulu, apakah situs itu benar-benar diblokir atau cuma lagi error. Inilah ciri-ciri situs yang diblokir oleh ISP atau pemerintah.

Muncul keterangan STOP! Situs diblokir (Blocked Site)

Biasanya itu mengartikan bahwa benar-benar situs itu diblokir, walaupun situs itu bukan situs p*rn* tapi kalau muncul keterangan seperti itu saat diakses, situs itu sudah diblokir. Jika sobat menggunakan jaringan sekolah, biasanya teknisi sekolah suka memblokir situs-situs atau sosial media yang menurutnya akan menggangu siswa dalam belajar.

Pemblokiran tersebut hanya diarea sekolah saja yang terhubung ke jaringan internet sekolah, karena teknisi sudah mengkonfigurasi dan memblokir beberapa situs di dalam mikrotik sekolah, jadi otomatis jaringan tersebut tidak bisa mengaksesnya.

Muncul keterangan it work dan Internet Positif

Biasanya ini muncul jika kita menggunakan jaringan Telkom speedy, situs yang tidak bisa dibuka karena firewall ini biasanya situs-situs sensitif. Bukan hanya pengguna jaringan telkom,pengguna kartu sim lain juga bakal susah mengakses dan akan dialihkan ke tampilan providernya.

Contoh saya menggunakan jaringan XL dan M3, saat membuka situs yang diblokir biasanya saya dialihkan ke situs pengaman dari penyedia jaringan. atau bisa saja situs itu loading terus tidak bisa dibuka, dan muncul tampilan “This site can’t be reached”.

Situs yang diblokir tidak hanya situs p*rno atau p3rjud1an, ada situs trading yang diblokir juga. Menurut saya ini sangat disayangkan karena ada beberapa situs yang jauh dari status SARA, justru ada situs yang bermanfaat buat anak muda tetapi diblokir juga oleh pemerintah.

Tujuan diblokirnya situs oleh internet sehat

Setelah program INSAN atau Internet Sehat dan Aman dibangun oleh pemerintah indonesia dan didukung oleh pusat kementrian komunikasi dan informatika Indonesia atau yang disebut kemkominfo, ribuan situs yang dianggap mengandung konten terlarang diblokir.

Hal ini juga didukung oleh regulasi pemerintah seperti Undang-undang No. 11 Tahun 2008 yang berisi tentang informasi dan transaksi elektronik, serta UU No. 25 Tahun 2009.

Tujuan utamanya adalah supaya masyarakat indonesia bisa menggunakan internet dengan sehat. Namun, jika ada situs yang menurut sobat bermanfaat buat pribadi, berikut adalah cara supaya situs yang diblokir bisa di akses lagi.

Buka Situs yang Diblokir dengan mudah

Cara Buka Situs yang Diblokir dengan Mudah

Sekarang, jika sobat mau membuka situs yang diblokir seperti ciri-ciri di atas, maka inilah cara-cara mudah yang bisa sobat lakukan supaya situs yang diblokir itu bisa diakses oleh smartphone atau pc sobat.

1. Menggunakan Aplikasi VPN Untuk Buka situs yang diblokir

Baik pengguna smartphone atau PC, VPN bisa dipake dikedua device tersebut. Cara ini adalah cara yang paling banyak dilakukan oleh pengguna-pengguna internet untuk membuka situs yang diblokir oleh google, pemerintah, isp dan sebagainya.

VPN (virtual private network) berfungsi untuk mengkoneksikan jaringan internet lokal menjadi alamat jaringan lain. Misalkan sobat menggunakan VPN Jerman, maka alamat IP sobat bakal terdetect menjadi alamat negara jerman.

Jadi dengan menggunakan VPN sobat bisa berselancar dengan bebas tanpa ada blokir-blokiran. Banyak sekali aplikasi VPN yang disediakan secara gratis, namun ada juga aplikasi VPN yang berbayar. Biasanya aplikasi VPN yang berbayar itu IPnya tidak putus-putus atau bocor-bocor. Tapi, jika hanya untuk membuka situs yang diblokir gunakan saja versi gratis.

# Cara Menggunakan VPN di HP / Smartphone

Banyak sekali aplikasi VPN di playstore yang bisa sobat download secara gratis. Namun di sini saya akan menggunakan Turbo VPN sebagai contohnya, aplikasi turbo vpn ini menyediakan dua versi, yaitu versi gratis dan versi bayar. Aplikasi ini memiliki fitur auto konek, jadi jaringan sobat akan koneksi otomatis dengan negara yang menurut aplikasi ini paling bagus jaringannya.

Berikut Cara Menggunakannya :

  • Download dan install TURBO VPN
  • Jika sudah terinstall, buka aplikasi turbo vpn di smartphone sobat.
  • Tap tombol wortel yang ada dibawah untuk mulai mengoneksikan jaringan sobat ke jaringan luar negri.
Cara Mudah Buka Situs yang Diblokir
  • Aplikasi ini bakal otomatis nyari server yang paling stabil dengan jaringan sobat, tunggu saja sampai muncul tampilan yang bertuliskan connected atau tersambung.

Baca Juga :
Cara Mendapatkan Uang hadiah dari Aplikasi Files, Lumayan buat top-up FF

# Cara menggunakan VPN di PC

Kita dapat menggunakan extentension TunelBear di chrome, jadi kita tidak perlu install aplikasi VPN di windowsnya, cukup menggunakan chrome extentionn supaya tidak repot mengintall .exe file.

Tunel Bear ini juga sangat mudah digunakan, sama percis seperti turbo VPN. Kita tinggal klik otomatis akan terhubung dengan server jaringan lain yang akan ditentukan sesuai dengan kestabilan jaringan kita.

Berikut cara menggunakannya :

  • Buka PC dan Chrome sobat, lalu download Tunel Bear
  • Installkan extention tersebut (add to chrome)
  • Jika sudah, buka Tunel Bear
  • Klik ON, otomatis aplikasi ini akan mencari server yang bagus dengan jaringan kita.

2. Menggunakan SSH

Berbeda dengan VPN, SSH harus kita konfigurasi sendiri untuk bisa membuka situs yang diblokir. Dengan menggunakan SSH kita bukan hanya bisa membuka situs yang diblokir, tapi kita juga aman dari ancaman virus karena jaringan kita terlindungi.

Cara menggunakan SSH atau Secure Shell ini, kita harus mendaftar dulu di situs fastssh.com atau bisa langsung download confignya di google.

Terus jika kita menggunakan smartphone, kita harus mengunduh KPN Tunnel untuk mengkonfigurasi port ssh yang akan kita pake. Untuk lebih jelasnya sobat bisa baca di situs lain.

3. Menggunakan DNS Google dan Open DNS

Kadang ada provider yang memblokir DNS khusus dengan DNS Nawala, supaya sobat bisa membuka DNS situs yang diblokir ini, kita hanya perlu mengganti DNS yang diberikan dinamic oleh provider menjadi DNS Open.

Cara ini sama seperti menggunakan SSH, kita harus mengkonfigurasinya secara pribadi, berbeda jika kita menggunakan VPN, kita hanya perlu menekan tombol mulai saja.

Berikut cara menggantinya :

Menggunakan static DNS di Komputer

Buka situs yang diblokir dengan open dns di pc

Menggunakan static DNS di HP

Buka situs yang diblokir dengan open dns di hp

Selain menggunakan alamat IP 1.1.1.1 yang dibuat oleh CloudFlare dan APNIC yang katanya sebagai DNS tercepat, kita bisa menggunakan juga DNS server dengan angka 8.8.8.8 (Google) atau 208.67.222.222 (OpenDNS), lalu alternate DNS diganti menjadi 8.8.4.4 (Google) atau 208.67.222.220 (OpenDNS). Setelah selesai, tekan OK atau save.

Selain 3 Cara diatas, sebenarnya masih banyak cara untuk buka situs yang diblokir pemerintah, misalnya dengan proxy, anonymox, langsung ngunjungi alamat IP situs tersebut dan masih banyak lagi. Tapi, yang paling mudah itu menggunakan VPN, karena sangat simple dan tidak ribet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker